INTERAKSI SOSIAL ANTAR PELAKU USAHA HOME INDUSTRI SANGKAR BURUNG DI DUSUN MULYOASRI DESA GEDOG WETAN KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

Authors

  • I Nyoman Ruja Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
  • Azkawati Ahadiyah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
  • Neni ahyuningtyas Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i1.905

Keywords:

social interaction,home industry, bird cage

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial dituntut untuk melakukan hubungan sosial antar sesamanya dan hidup secara berkelompok. Atas dasar itu dapat disimpulkan bahwa setiap individu harus melakukan interaksi sosial dalam menjalani kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk interaksi sosial yang terjadi antar pelaku usaha home industri di Dusun Mulyoasri Desa Gedog Wetan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi (gabungan) dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil penelitian menyatakan bahwa home industri sangkar burung di Desa Gedog Wetan telah ada sejak tahun 1970an dan terus berkembang hingga saat ini. Bentuk interaksi yang terjalin di antara pelaku usaha home industri yaitu kerjasama, akomodasi, persangan dan konflik. Interaksi sosial yang terjalin dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penghambat.

References

Bungin, B. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran Edis Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Effendy, O. U. (2012). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Lumintang, J. (2015). Dinamika Konflik dalam Organisasi. Jurnal Acta Diurna, 4(2). Diambil kembali darihttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi article/view/725 5

Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mu'Arofah. (2019). Pola Interaksi Antar Pedagang Buku Di Pasar Wilis Kota Malang. Malang: FIS UM.

Muslim, M. (2012). Teori-teori Poitik. Bandung: Pustaka Setia.

Nurmandito, G. (2012). Studi Sentra Industri Kerajunan Kulit Di Desa Selosari Kecamatan Magetan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret

Putra, I. D. (2018). Pola Interaksi Sosial Pelaku Usaha Home Industri (Batik Motif Pecel Murni. Malang: FIS UM.

Rahmawan, L. (2016). Interaksi Sosial Pedagang Disekitar Pondok Pesantren Salafiah Biharu Bahri Asali Faadlailir Rahmah Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Malang: FIS UM.

Ritze, G. (2013). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. (2009). Dinamika Kelompok Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Septiani, N. A. (2018). Hubungan Sosial Dalam Home Industri Batu Gamping (Studi Kasus Di Dusun Sentul Desa Pandanarum Kecamtan Sutojayan Kabuaten Blitar. Malang: FIS UM.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, B. (2009). Sosiologi (Melayani Fenomena Sosial di Masyarakat). Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-01-30

Issue

Section

Articles