MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.566Keywords:
Media pembelajaran, interaktif, IPS, Adobe Flash, SMPAbstract
Inovasi dalam pembelajaran sangat diperlukan agar pembelajaran dapat berfokus pada siswa, tetapi kenyataannya pembelajaran masih berpusat pada guru. Inovasi pembelajaran dapat berbentuk sebuah pengembangan media pembelajaran. Pengembangan ini untuk membantu siswa dalam pembelajar sehingga mereka dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan mandiri terutama pada pembelajaran IPS di kelas. Penelitian ini berjenis research and development milik Borg & Gall yang di sederhanakan menjadi 5 tahap. Penelitian ini menghasilkan produk media interaktif berbasis Adobe Flash dengan kategori “Sangat layak”. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran IPS Interaktif berbasis Adobe Flash dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.
References
Atiturrahmah, dan Ibrahim Doni Septu Marsha. 2018. Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Dengan Penerapan Teori Van Hiele, Jurnal DIDIKA Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 3 (1)
Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Education Research: an Introduction. New York: Longman
Burnett, N. 2008. The Delors Report: A Guide towards Education for All, European Journal of Education, Vol.43.
Gerantabee, Fred. 2012. Adobe flash professional CS6 Figital Classroom, Canada: Simultaneously.
Hewt, Des. 2008. Understanding Effective Learning, British Journal of Educational Technology, Vol. 39(6).
Komara, Endang. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21, SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, Vol 4(1).
Kopecky, Kamil. 2009. Adobe Flash As Platform For Creation Of Online Multimedia Educational Content, Journal of Technology and Information Education, Vol. 1 (3).
Maryani, Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 6 (2).
Maulidta, Hidayatul dan Wahyu Sukartiningsih. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III SD, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 6(5).
Prakoso, Galuh Adi. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Dan Numbered-Heads Together (Nht) ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Gugus Mahesa Jenar Ambarawa , Scholaria, Vol 5(3).
Putri, Septi Dwi & Desky Eka Citra. Problematika Guru Dalam Penggunana Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS DI Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu, IJSSE; Indonesia Journal of Social Science Education, Vol. 1 (1).
Redhana, I wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Pendidikan Inovasi Kimia, Vol 13(1).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syahputra, Edi. 2018. Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia, SINASTEKMAPAN, Vol 1.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Andi Momang. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam, Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, Vol 11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Iza Nur Imama, Neni ahyuningtyas, Bayu Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.