MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI DI MASA PANDEMI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Agi Ma’ruf Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mohamad Il Badri Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562

Keywords:

media digital, macro flash, minat belajar

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini telah merambah dalam berbagai segi kehidupan manusia. Pemanfaatan teknologi juga digunakan didalam membantu proses pembelajaran dikelas. Masa pandemi seperti saat ini mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah termasuk pada kegiatan belajar mengajar. Tujuan pemanfaatan teknologi tersebut adalah sebagai perubahan bentuk dari proses pembelajaran dari penyampaian bahan ajar dengan metode pembelajaran konvesional seperti metode ceramah dengan lebih memanfaatkan media digital. Media digital diharapkan dapat membantu komunikasi pendidik kepada peserta didik sebagai bentuk variasi pembelajaran, tujuannya tidak lain dapat meningkatkan minat belajar mandiri yang dimiliki peserta didik. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran tidak akan berhasil jika minat belajar yang dimiliki peserta didikmasih rendah. Sehingga dengan adanya pemanfaatan media digital dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan jiwa belajar mandiri yang dimiliki peserta didik. Proses pemanfaatan media pembelajaran memiliki nilai penting dalam memfasilitasi peserta didik, dalam menyajikan media digital tersebut harus disesuaikan oleh tujuan pembelajaran yang dicapai dan hal tersebut perlu diperhatikan oleh pendidik yang memiliki peran sebagai motivator dan fasilitator dalam proses pembelajaran dikelas.  

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Baddeley, A.D., &G..J. Hitch. 1974. Working Memory, In G.A. Bower (Ed.), The Psychology of Learning and Motivation: Advances in Research andTheory, Vol. 8, pp. 47-89. New York: Academic Press.
Berk, R. A. 2011. Research on Powerpoint®: From Basic Features to Multimedia.International Journal of Technology in Teaching and Learning.7(1), 24- 35.
Borg, W.R dan Gall, M.D. 1983.Educational Research an Introduction Fourth Edition.Amerika: Manufaktured in the USA.
Brockett, RG. & Hiemstra, R. (1991) Self Direction in Adult Learning: Perspectives on Theory, Research, and Practice. London and New York: Routledge
Deni Darmawan. 2012. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktek Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.
Fisher M, King J, Taque G. Development of a self- directed learning scale for nursing education.2010.
Gagne, E.D. 1985. The Cognitive Psychologhy of School Learning. Boston, Toronto. Little, Brown and Company.
Gagne R. M. dan Briggs L. J. 1988. Principlesof Intructional Design. New York : HoltRinehart and Winston.
Heneich, R. Molenda, M,. Russell & Smaldino, S.E (2002), Instructional Media And Technology For Learning, 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall. Inc
Kemp dan Dayton . 1985. Planning and Producing Intrucional Media (Fifth Edition) New York: Happer & Row, Publisher.
Little Tom. 2013. John 21st Century Learning and Progressive Education: An Intersection.International Journal of Progressive Education, Volume 9 Number 1, 2013.
Liyan S, Jannere R. A conceptual Model for Understanding Self-directed Learning in Online environments. Journal of Interactive Online Learning. 2007
Madcoms. 2004. Macromedia Flash MX 2004. Yogyakarta: Andi Offset.
Madcoms.2007. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8. Yogyakarta: Andi Offset.
Paul Mihalidis dan James N Cohen. Volume 2013 (1). Exploring Curation as a core competency in digital and media literacy education. The Open University Journal Interactive Media In Education.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Anitah. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma pustaka.
Suwarsito. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Geografi Perkotaan dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Juita, Volume 1.
Syaad Pathmantara. 2014. Pengembangan Pembelajaran Interaktif Perkuliahaan Dasar-Dasar Rangkaian Listrik Dengan Berbasis Internet. Jurnal Cakrawala, Th XXXIII. No. 2
Zaini, Imam. 2013, Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega.

Downloads

Published

2021-11-04

Issue

Section

Articles