"PEMBELAJARAN IPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK"
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.340Keywords:
: Ilmu Pengetahuan Sosial, Ekoliterasi, Project Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman akan pentingnya ecoliterasi pada siswa di tengah-tengah tuntutan zaman yang berubah pada segala aspek terutama pendidikan. Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mampu untuk meningkatkan ecoliterasi pada siswa melalui Project Based Learning yang dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS yang mengintegrasikan Project Based Learning tentang isu-isu global terkini mampu menumbuhkan sikap sadar siswa untuk menjaga lingkungan hidupnya.
References
Baudrillard, J. P. (2011). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Capra, F. (2002). Jaring-Jaring Kehidupan. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru
Freire, Paulo. (1995). Education for Critical Consciousness. New York: Seabury Press.
Goleman, D (2010), Ecological Intelligence: Mengungkap Rahasia di Balik Produk-Produk yang Kita Beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kincheloe, Joe, (2008). Knowledge and Critical Pedagogy (Explorations of Educational Purpose 1) an Introduction. Pringer Science. Business Media B.V Canada.
Miles, M. B.,& Huberman, A. M.(1994) Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications, Inc
Nugroho Notosusanto, (1980) Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer, Jakarta: Yatasan Idayu.
Patti, Lather (1986) Research as Praxis. Harvard Educational Review: September 1986, Vol. 56, No. 3, pp. 257-278.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriatna, N. (2016) Ecopedagogy; Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya
Stone, M K., & Barlow, Z (2005) Ecologycal Literacy: Educating Our Children for a Sustainable World. San Francisco: Sierra Club Books
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. 2005. Bandung: Nuansa Ilmu
Varela, F.J. (1999) Ethical know-how. Stanford CA: Stanford University Press.
von Glasersfeld, E (1996) Radical constructivism: A way of knowing and learning. London UK: Falmer Press
Zulkifli, A (2014). Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Penerbit Salemba
Jurnal:
Kahn, Richard. (2014). Towards Ecopedagogy: Weaving a Broad-based Pedagogy of Liberation for Animals, Nature, and the Oppressed People of the Earth. Researchgate
Karim, Abdul. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 2. Pp. 309-330.
Mutiani. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4 (1), pp 45-53
Susanto, A.B. (2008). Pendidikan Penyadaran Paulo Freire. At-Ta’dib Vol.4 No.1 pp 81-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ernandia Pandikar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.