ANALISIS STRATEGI INQUIRING MINDS WHAT TO KNOW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA MASA KEMERDEKAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Emusti Rivasintha Marjito IKIP PGRI Pontianak
  • Karel Juniardi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.335

Keywords:

Strategi inquiring minds what to know, Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan dan Pendidikan Sejarah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah memperoleh informasi mengenai “Analisis strategi inquiring minds what to know dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak”. Adapun yang menjadi Sub-sub Penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Strategi inquiring minds what to dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan di IKIP PGRI Pontianak (2) Bagaimanakah Hasil belajar menggunakan strategi inquiring minds what to know dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan di IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data yaitu: teknik observasi langsung, komunikasi langsing dan  analisis dokumentasi. Alat pengumpulan datanya berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester 5 (lima) Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan strategi inquiring minds what to know dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan sudah baik: (2) Hasil belajar  menggunakan strategi inquiring minds what to dalam Pembelajaaran Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan yang diketahui dari nilai penugasan, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) sudah baik.

References

Alma, Buchari dkk. 2009. Guru Preposional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabetis.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ahmadi. 2011. Cara Belajar Yang Baik. Bandung: Angkasa.
Anam, Khoirul. 2000. Implementasi Cooperative Learning dalam Pembelajaran Geografi Adaptasi Model Jigsaw dan Field Study, Buletin Pelangi. Volume 3 No 2. Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bambang. W 2012. Metode Belajar Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Etin, S. 2007. Cooperatif Learning Analisis model pembelajarn IPS. Jakarta . PT. Bumi Aksara.
Enoch, J. 1995. Dasar – dasar perencanaan pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Ibrahim, dkk .2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.
Kotchar, S.K. 2008. Pembelajaran sejarah Teaching history. Jakarta. PT. Grasindo.
Lexy, J.M. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakary.

Downloads

Published

2020-07-29

Issue

Section

Articles