ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH MEDIA POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA MA’ARIF AMBULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Sugiatul Umaroh IKIP PGRI Jember
  • Ahkmad Dzulkaul Fuad IKIP PGRI Jember
  • Rina Rochmawati IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.270

Keywords:

pohon pintar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran Pohon pintar materi Indonesia Zaman Hindu-Budha efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Ma’arif Ambulu. Adapun data diperoleh melalui uji coba pada kelas terbatas dan juga kelas luas, guna menguji kevalidan data yang kemudian data tersebut dapat direabilitas. Berdasarkan hasil analisis data yang telah peneliti peroleh dari uji angket didapati bahwa sebanyak 77,6% dari total jumlah siswa didalam kelas uji coba luas mengatakan setuju bahwa, media pohon pintar layak untuk digunakan didalam kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa didalam kelas. Dalam tahap uji coba soal awal didapati hasil sebesar 61% hasil belajar siswa, yang kemudian meningkat menjadi 72%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pohon pintar yang bermaterikan Indonesia Zaman Hindu-Budha efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles