PENGEMBANGAN MEDIA FLIP BOOK BERBASIS PENINGGALAN MEGALITIKUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PM SMK TRUNOJOYO JEMBER AJARAN 2018/2019

Authors

  • Siti Lailun Fitri Amalia IKIP PGRI Jember
  • Tantri Raras Ayuningtyas IKIP PGRI Jember
  • Adzkiyak IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.268

Keywords:

pengembangan media pembelajaran, situs Pekauman Bondowoso, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Media Flip Book Berbasis Peninggalan Megalitikum Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X PM SMK Trunojoyo Jember Ajaran 2018/2019.Peneliti menggunakan teknik penelitian langsung dilapangan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (RnD).Sumber belajar adalah segala sesuatu baik berupa benda maupun yang lainnya yang dapat memberikan sebuah informasi atau pengetahuan bagi seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah dengan melalui pengembangan media pembelajaran Flip Book dengan menggunakan situs Pekauman di Bondowoso sebagai isi materi didalamnya, mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam fungsinya sendiri yakni sebagai sumber belajar siswa. Data yang diambil adalah data uji validitas dan uji reliabilitas.Desain uji coba adalah desain eksperimen one group pre-test dan post-test. Metode analisa menggunakan uji beda rerata klasikal, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%=0,396 dan 1%= 0,505 dan N=25 orang siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan media pembelajaran Flip Book megalitikum sebagai sumber belajar siswa efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelasX PM SMK Trunojoyo Jember Tahun 2018/2019, dengan hasil data ujicoba pre-test = 60,8%, post-test1= 67,8% dan post-test 2 = 71,6%.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles