PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL – ISHLAH KECAMATAN MAYANG DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU TAHUN AJARAN 2018-2019

Authors

  • Fathor Rahman IKIP PGRI Jember
  • Akhmad Dzukaul Fuad IKIP PGRI Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.266

Keywords:

Kemampuan berfikir kritis, Problem Solving, IPS Terpadu

Abstract

Nilai siswa MTs Al-Islah Mayang tergolong rendah. Penerapan model pembelajaran Problem Solving dilakukan untuk meningkatkan Kemampuan berfikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, yang terdiri dari dua pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Islah Mayang teridiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I mendapat nilai 60% dengan kriteria Cukup.Pemahaman materi siswa pada pra siklus rendah dan meningkat pada siklus I menjadi 63% masih rendah di lanjut pada siklus II meningkat 89% signifikat dengan kriteria baik. kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada siswa khelas VIII MTs Al-Islah Mayang.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles