PENGEMBANGAN LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA 04 MA’ARIF PERINTIS TEMPUREJO TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Alif Luganta Ramadhani IKIP PGRI Jember
  • Tantri Raras Ayuningtyas IKIP PGRI Jember
  • Adzkiyak IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.264

Keywords:

Media, leaflet, Hasil Belajar

Abstract

Pengembangan booklet sebagai media pembelajaran dalam penelitian ini dilatar belakangi dari minimnya fasilitas disekolah, sehingga penggunaan media pembelajaran hampir tidak pernah digunakan, kondisi ini mengakibatkan hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimum. Hasil penelitian menunjukkan: leaflet yang dikembangkan mendapatkan rerata dari ahli media 90% dan ahli materi 89,28%. Pengaruh penggunakan media pembelajaran leaflet pada kelas eksperimen sebesar 81,56 dan kelas kontrol sebesar 70,33. Sehingga disimpulkan leaflet sangat layak sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles