PENGEMBANGAN LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA 04 MA’ARIF PERINTIS TEMPUREJO TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.264Keywords:
Media, leaflet, Hasil BelajarAbstract
Pengembangan booklet sebagai media pembelajaran dalam penelitian ini dilatar belakangi dari minimnya fasilitas disekolah, sehingga penggunaan media pembelajaran hampir tidak pernah digunakan, kondisi ini mengakibatkan hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimum. Hasil penelitian menunjukkan: leaflet yang dikembangkan mendapatkan rerata dari ahli media 90% dan ahli materi 89,28%. Pengaruh penggunakan media pembelajaran leaflet pada kelas eksperimen sebesar 81,56 dan kelas kontrol sebesar 70,33. Sehingga disimpulkan leaflet sangat layak sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Alif Luganta Ramadhani, Tantri Raras Ayuningtyas, Adzkiyak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.