Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pelajaran Sejarah Di Kelas Xi Ma Darus Sholah Jember Tahun 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v5i1.1691Keywords:
Kurikulum 2013, Kendala, Pelajaran SejarahAbstract
Kurikulum 2013 sudah diterapkan di MA Darus Sholah sejak tahun 2014 dan akan menghasilkan dampak terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian tersebut untuk menganalisis penerapan kurikulum 2013 terhadap kegiatan belajar siswa terhadap pelajaran sejarah di kelas XI MA Darus Sholah Jember. Cara dalam mengumpulkan data meliputi dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini bersumber dari guru sejarah dan siswa kelas XI. Dari temuan penelitian, dapat diartikan bahwa penerapan kurikulum 2013 mempunyai dampak sangat baik terhadap siswa dari segi kognitif, psikomotorik dan sikap, karena berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang hanya fokus pada kemampuan hard skill siswa saja, sedangkan kurikulum 2013 selain fokus pada kemampuan hard skill juga fokus pada soft skill siswa. Dari penemuan penelitian juga menjelaskan bahwa terdapat masalah-masalah dalam menerapkan kurikulum 2013, kendala dari pendidik, peserta didik, juga sekolah.
References
Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta . prestasi Pustakarya.
Hasan H. 2013 Informasi kurikulum 2013. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2013, pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algelsindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Sarnu Untung
Murni Eva Marlina. 2013. Kurikulum 2013 yang Berkarakter. Jurnal Jupiis. (5): 2-30.
Permendikbud RI No 81 A Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmat Sahroni, Rina Rohmawati, Agi Ma’ruf Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.