Peningkatan Historical Awarnes Melalui Video Pembelajaran Pada Materi Masa Hindu - Budaha Di Kelas Viii Smp Negeri 13 Jember Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v5i1.1621Keywords:
Media Video PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan historical awareness melalui video pembelajaran pada materi masa Hindu-Buddha di kelas VIII SMPN 13 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penilain tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII SMPN 13 Jember. diberikan pembelajaran menggunakan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan historical awareness yang signifikan pada kelas VIII A SMP Negeri 13 jember. Hal ini terlihat dari hasil tes pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa udah mencapai apa yang di harpakan oleh guru. pembelajaran IPS SMP Negeri 13 Jember.Metode yang digunakan adalah PTK dengan pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan daftar pertanyaan. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil dan kesimpulannya adalah sebagai berikut: guru mata pelajaran IPS sudah memanfaatkan sumber belajar seperti lingkungan sekolah, buku, khususnya buku pelajaran. Permasalahan yang sering terjadi menimbulkan pro dan kontra terhadap materi yang memuat sejarah, seperti masuknya agama dan perkembangannya serta budaya Hindu - budha di nusantara dan peristiwa-peristiwa lain.
References
Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011).
Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Pribadi, B. A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui pendekatan Inkuiri.
Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Ummul Qura, Pendidikan Islam, Jurnal: Pendidikan: Vol. VI, No. 2 (September, 2015),
Nursid, N. (2008). Konsep dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka
Herry Porda Nugroho Putro Prodi Pendidikan Sejarah FKIP
Universitas Lambung Mangkurat,
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS filosofi, konsep dan aplikasi.
Bandung: Alfabeta
Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Saleh, M. (2021). Semangat Kebangsaan Berbasis Peristiwa Sejarah Lokal untuk Membangun Kesadaran Sejarah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3579– 3585.
https://doi.org/10.31004/basicedu. v5i5.1306
Murgiyanti. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kebhinekaan Global Anak Usia Dini Di TK IT Almawaddah Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENDIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–92.
https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/ JUPENDIS/article/view/133/136
Astuti, Y. D. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0 Article Info ABSTRAK. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 1, Issue 02).
.
Arsyad, Azhar. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hauff, Mechthild & Laaser, Wolfram . 1996. Educational Video and TV in Distance Education – Production and Design Aspects. (Journal of Universal Computer Science, vol. 2, no. 6 (1996),
-473).
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Nugent, 2005. Smaldino dkk. 2008: 310.
Patta Bundu.2006.Strategi Pembelajaran.Jakarta:Universitas Terbuka.
Purwanto.2011. Evaluasi dan Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad fajar winoto, M. Iqbal Ibrahim Hamdani, Ilfiana Firzaq Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.