This is an outdated version published on 2024-02-05. Read the most recent version.

UPAYA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN MATA PELAJARAN IPS ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII A) SMP NEGERI 3 AMBULU

Authors

  • sandhyakala journal
  • Dea Tata Elnesia Nazareth Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Agi Ma’ruf Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v5i1.1620

Keywords:

Hambatan belajar, mata pelajaran IPS, upaya guru dan sekolah pada masa Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala mata pelajaran IPS di era Pandemi Covid-19 serta upaya sekolah dan guru untuk mengatasinya. Lokasi penelitian yang diambil adalah SMP Negeri 3 Ambulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes instrumen dan wawancara tidak terstruktur. Penelitian ini membahas tentang upaya sekolah dan guru dalam mengatasi kendala mata pelajaran IPS di era Pandemi Covid-19. Karena dampaknya yang sangat berbahaya, seluruh sektor di Indonesia bergerak cepat dengan cara WFH (Work From Home). Hal ini juga dilakukan dalam bidang Pendidikan dengan mengadakan pembelajaran secara jaringan (online). Siswa belajar di rumah sedangkan guru dapat menjelaskan atau memberikan materi dengan menggunakan aplikasi pembelajaran sehingga dapat dijangkau siswa seperti whatsapp, google meet dan zoom meeting. Hal ini juga tentunya menimbulkan hambatan belajar khususnya pada mata pelajaran IPS. Mata pelajaran itu seharusnya lebih mudah dan jelas jika siswa mendapatkannya secara langsung atau bertatap muka dengan guru.

References

Akori, Melda. 2021. Upaya Guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Berbasis Daring Kelas IV di MIS AL-BA’ANI Kota Bengkulu. 58-64

Aulia, Nurul Mawahdah. 2021. Pembelajaran Berbasis Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa PPKn Universitas Muhammadisyah Makassar. Jurnal Pendidikan. 6-7

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Prof. Dr. Sugiyono 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 283-336

Munajim, Ahmad. Barnawi, Fikriyah. (2020) Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat, 4(1)

Sumarbini, Enung Hasanah. (2021). Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Semin, Yogyakarta, 7(2)

Ramadhan, Ahmadi Hamsa. (2022) Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1)

Ririn Dona Sinse Dong, Fitri Muhammad, Amir Muhammad. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Guru IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPK Runu Puhun. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, 3(1)

Beta Lira Trisnaning, Segara Nuansa Bayu. (2021). Kendala Guru IPS Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jombang. Archived. 2(1)

Akh, Syaiful Rizal. (2018). Pengembangan profesionalisme Guru IPS. Soci : Jurnal Ilmu Sosial, 15(2), 187-196

Naila Ferdianita, ferani Mulianingsih. (2021). Analisi Hambatan Guru IPS Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dampak Pandemi Covid-19 di SMP/MTS Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Sosiolum. 3(1)

Nur, Andi Asywid. (2020). Problematika Guru Dalam Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Guru SMPN 3 Selayar). Proposal. Makassar. FKIP UMM

Nugraheny, Aulia Riska. 2020. “Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (Suatu Kajian Tentang Efektifitas Pembelajaran Daring di Era New Normal Kasus Pandemi COVID-19)”. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Putra, N. P., Sudarmiani, S., & Rifai, M. 2021. Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Gema Wiralodra, 12(2), 377-391.

Prof. Dr. Sugiyono (2011) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung

Bimantoro, Galih Loka. 2020. “Problematika Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 24 Semarang”. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Sofah, Rahmi. 2021. “Identifikasi Hambatan Belajar Mahasiswa Universitas Sriwijaya Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya, FKIP Universitas Negeri Palembang.

Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”. Jurnal Program Studi Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Syauqi, Achmad. 2020. “Jalan Panjang Covid-19 (Sebuah Refleksi Dikala Wabah Merajalela Berdampak Pada Perekonomian)”. Jurnal Magister Ekonomi Syari’ah Pasca Sarjana IAIN Pontianak.

Abd, Rahman. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Pendidikan”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nugraheny, Aulia Riska. 2020. “Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (Suatu Kajian Tentang Efektifitas Pembelajaran Daring di Era New Normal Kasus Pandemi COVID-19)”. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Putra, N. P., Sudarmiani, S., & Rifai, M. 2021. Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Gema Wiralodra, 12(2), 377-391.

Prof. Dr. Sugiyono (2011) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung

Downloads

Published

2024-02-05

Versions