Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Rambipuji
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v5i1.1618Keywords:
Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SejarahAbstract
Kurikulum Merdeka sudah di terapkan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji sejak tahun 2022 dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, angket dan wawancara. Populasi penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang seluruhnya adalah siswa kelas XI A dan XI B. Dari temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Bukti dari hal ini tergambar pada nilai t hitung variabel kurikulum merdeka yang melebihi angka 5,917, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka secara nyata memengaruhi pencapaian hasil belajar siswa
References
Adeliya Putri Ananda, dan Hudaidah. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa.” Sindang 3, no. 2 (2021).
Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
M Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Khoirurrijal, (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.
Magee, Monique & Elizabeth Breaux. 2010. How The Best Teachers Differentiate
Intruction. New York: Routledge.
Marlina, (2019) Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Thoifah, Anatut. 2015. Statisika Pendidikan dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI.Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.
Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2011), 112.
Satria, Rizky dkk.. (2022) Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ibnu Mulzam Syafary, M. Iqbal Ibrahim Hamdani, Ilfiana Firzaq Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.