Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Rambipuji

Authors

  • Ibnu Mulzam Syafary Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v5i1.1618

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah

Abstract

Kurikulum Merdeka sudah di terapkan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji sejak tahun 2022 dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, angket dan wawancara. Populasi penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang seluruhnya adalah siswa kelas XI A dan XI B. Dari temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Bukti dari hal ini tergambar pada nilai t hitung variabel kurikulum merdeka yang melebihi angka 5,917, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka secara nyata memengaruhi pencapaian hasil belajar siswa

References

Adeliya Putri Ananda, dan Hudaidah. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa.” Sindang 3, no. 2 (2021).

Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

M Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khoirurrijal, (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.

Magee, Monique & Elizabeth Breaux. 2010. How The Best Teachers Differentiate

Intruction. New York: Routledge.

Marlina, (2019) Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Thoifah, Anatut. 2015. Statisika Pendidikan dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI.Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2011), 112.

Satria, Rizky dkk.. (2022) Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-05