https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/issue/feedPANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural2025-01-30T19:27:37+00:00Moh. Usman Kurniawanpandalungan.unipar@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Mulitkultural </strong>adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Prodi S1 Bimbingan dan Konseling, FKIP, UNIPAR JEMBER yang beralamat di Kampus 1 Jl. Jawa No. 10 Jember. Tujuan dari jurnal PANDALUNGAN ini adalah untuk menerbitkan artikel yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terbaru di bidang pendidikan, bimbingan dan konseling. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Penelitian Pendidikan, Penerapan Bimbingan dan Konseling di dunia pendidikan; Kesehatan Mental; Penilaian atau Pengawasan dalam Konseling; dan Konseling multi-budaya. Jurnal PANDALUNGAN terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Januari dan Juni.</p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2231Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reframing Terhadap Kepekaan Sosial Mahasantri Pondok Pesantren Al Quran Ibnu Katsir Putra Angkatan 112025-01-26T13:37:12+00:00Khairuddinkhairuddincb4@gmail.comImaratul Ulwiyahkhairuddincb4@gmail.comWahid Suharmawankhairuddincb4@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi atau menigkatkan tingkat kepekan sosial yang dialami oleh mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember, di jalan mangga 18 patrang, Kecamatan patrang dengan menggunakan <em>purposive sampling. </em>Kepekaan sosial merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh mahasantri, namun jika tingkat kepekaan sosialnya maka akan dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat menghambat <em>produktifitas</em> santri terutama dalam bersosialisasi baik itu dilingkuangnya maupun diluar lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk meneliti apakah penerapan teknik <em>reframing</em> dapat membantu mereduksi meningkatkan kepekaan sosial pada mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember. Metode analisis data yang digunakan adalah uji <em>wilcoxon.</em> Desain penelitian yang digunakan adalah <em>pre-eksperimen </em>dengan desain <em>one grup pretest- posttest.</em> Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS ver 25.0 diperoleh nilai Z sebesar -7,30 dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar ,465. Dari hasil pengujian di atas, diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar ,465. <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada penurunan tingkat stres akademik di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember setelah dilakukan konseling kelompok menggunakan <em>teknik reframing</em>.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2229Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa SMPN 01 Sukorambi Jember2025-01-26T12:38:08+00:00Ummi Lailatul Qomariyahummilq12@gmail.comImaratul Ulwiyahummilq12@gmail.comWeni Kurnia Rahmawatiummilq12@gmail.com<p>Penelitian ini didasarkan fenomena yang terjadi pada kelas VII B SMPN Sukorambi jember yang memiliki kecerdasan interpersonal siswa renda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan design One Group Pre-test post-test Design. Jenis penelitian ini adalah kuatitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII Dengan sampel sebanyak 5. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Sebelum disebarkan angket uji validasi dan reabilitas.teknik analisis data yang digunakan adalah Uji wilcoxon match pairs test.hasil penelitian adalah efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMPN sukorambi. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment teknik sosiodrama sebanyak 4 kali dan setiap treatment dilakukan post-test sebanyak 4 kali. Hasil perhitungan rata-rata saat pre-test dan post-test mengalami peningkatan pada siswa memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Pada pre-test diperoleh skor rata rata 65 dan skor rata-rata pos- test 131,4 dan didapatkan selisih antara skor pre-test dan post-test sebesar 65. Dan didapatkan pada analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,042 nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada kecerdasan interpersonal siswa yang signifikan untuk pretest dan posttest (Hipotesis diterima), dengan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMPN sukorambi Jember</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2227Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santri Angkatan 2019 Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember2025-01-26T12:19:15+00:00Masrifahmasyrifarrahman@gmail.comWeni Kurnia Rahmawatimasyrifarrahman@gmail.comNoviana Mariatul Ulfamasyrifarrahman@gmail.com<p>Penelitian dimaksudkan guna menumbuhkan keterampilan <em>public speaking</em> santri angkatan 2019 ibnu katsir 2 jember melalui penerapan metode modeling simbolis. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasantri angkatan 2019 dengan sampel sebanyak 5 mahasantri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan kuesioner. Sebelum angket di gunakan maka di uji validitas dan reabilitas untuk memperoleh angket yang valid. teknik analisis data yang di gunakan adalah uji <em>wilxocon Match Pairs Tes. </em>Hasilnya : teknik modeling simbolis efektif untuk menumbuhkan kemampuan public speaking santri angkatan 2019, terbukti dari hasil<em> treatment</em> memakai metode modeling simbolis yang menunjukkan adanya peningkatan <em>public speaking</em> yang dialami oleh santri. Pada <em>pre-test</em> skor rata-rata 84,8 dan skor <em>post-test</em> pertama rata-rata 94,4 <em>post-test </em>kedua dengan skor rata-rata 105,4 pada <em>post-test</em> ketiga dengan skor rata-rata 120, dah <em>post-test</em> ke empat dengan skor 128. Dan di dapat pada hasil uji wilxocon <em>Match Pairs Tes </em> ketahui nilai Asym.Sig yakni 0,034 dibawah standar 0,05 artinya bahwa ada peningkatan kemampuan <em>public apeaking</em> yang signifikan. Dapat di ambil kesimpulan bahwa teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan kemampuan <em>public speaking </em>santri angkaran 2019 PPA ibnu katsir 2 jember.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2225 Motivasi Belajar Siswa Disabilitas Intelektual Sedang Kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember2025-01-26T12:01:21+00:00Hanan Meisa Saribhennita.sw@gmail.comBhennita Sukmawatibhennita.sw@gmail.comRenalatama Kismawiyatibhennita.sw@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SLB Negeri Branjangan Jember, di jalan Branjangan 1, Semenggu, Bintoro, Patrang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi minat dan keinginan dalam belajar, siswa semangat dalam kegiata belajar sehari hari dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, siswa berusaha mengerjakan tugas yang telah di berikan dengan baik meskipun ada jawaban yang tidak sesuai dan dalam mengerjakan tugas membutuhkan waktu lama, ketika belajar siswa tidak pernah menyerah dan putus asa. Sedangkan faktor faktor yang mempengaruhi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember adalah peran orang tua yang mendukung aktivitas belajar sehingga siswa termotivasi untuk giat belajar dan teman teman di sekolah yang membawa pengaruh kepada subjek penelitian, menjadikan subjek lebih semangat dalam kegiatan belajar sehari hari di sekolah</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2223Hubungan Tindakan Bullying dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 Jombang2025-01-26T11:36:10+00:00Rindiani Puspita Sarinasobi.nikisuma@uinkhas.ac.idNasobi Niki Sumanasobi.nikisuma@uinkhas.ac.idNoviana Mariatul Ulfanasobi.nikisuma@uinkhas.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi hubungan tindakan <em>bullying dengan kepercayaan diri peserta didik,bullying</em> merupakan fenomena yang sering terjadi tahun ke tahun, pada remaja terutama di lingkungan pendidikan. Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu, di sekolah peserta didik akan menempuh pendidikan selama beberapa tahun, dalam beberapa tahun tersebut peserta didik akan mempelajari hal-hal baru dengan orang-orang yang berada di dalam lingkungan sekolah tersebut. karena siswa cenderung merasa takut di bully oleh temannya dan merasa masih kurang percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, hal ini di karenakan oleh kurangnya pengawasan guru sehingga terjadi tindakan <em>bullying </em>sehingga peserta didik merasa tidak percaya diri dan terdapat rendahnya kepercayaan diri. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk mengetahui hubungan antara <em>bullying</em> dengan kepercayaan terhadap peserta didik di SMPN 2 Jombang. Salah satunya yaitu menggunakan strategi Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket/kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, dan teknik yang digunakan skala <em>likert</em>, dengan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi adalah sebesar 0,074. Oleh karena 0,074 < 0,05 maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa terdapat hubungan perilaku <em>bullying</em> dengan kepercayaan diri peserta didik Smpn 2 Jombang. Hal ini dikarenakan <em>bullying</em> yang terjadi disekolah ini termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut menggambarkan bahwa semakin tinggi perilaku <em>bullying </em>disekolah makan semakin rendah kepercayaan diri peserta didik.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2232Dampak Media Sosial Terhadap Psychological Wellbeing Remaja2025-01-26T13:44:49+00:00Nailul Fauziyahnailulf96@gmail.comSilvinnailulf96@gmail.comNoviana Mariatul Ulfanailulf96@gmail.com<p>Di era Society 5.0, media sosial menjadi komponen penting dalam kehidupan masyarakat termasuk remaja. Dengan peran media sosial yang meluas ke berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, dan kesehatan memberikan Gambaran objektif bagaimana media social menjadi bagian integral yang sulit dipisahkan pada kehidupan saat ini. Penelitian ini mengeksplorasi dampak media sosial terhadap psychological wellbeing remaja, yang mencakup dampak positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur dilakukan dengan memilih artikel penelitian ilmiah yang kredibel. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian studi literatur meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Data menunjukkan bahwa mayoritas remaja menggunakan media sosial untuk hiburan, interaksi sosial, dan pengembangan diri. Dampak positif meliputi peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan digital, dan dukungan sosial. Namun, dampak negatif seperti kecemasan, FOMO (Fear of Missing Out), kecanduan media sosial, dan cyberbullying juga signifikan. Studi literatur ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan publikasi ilmiah terkini untuk mengevaluasi pengaruh media sosial pada wellbeing remaja. Perlu bagi individu khususnya remaja untuk menggunakan media sosial dengan bijaksana untuk meminimalisir dampak negative terhadap psychological wellbeing dan memaksimalkan manfaatnya dalam mendukung pertumbuhan remaja secara holistik.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2230Pendidikan Holistik Untuk Mengatasi Stunting: Peran UU Perkawinan Konsumsi Sayuran, Buah, dan Nilai-Nilai Al-Qur’an2025-01-26T12:43:49+00:00Dewi Masyitohdewimasyitoh19771024@gmail.com<p>Penelitian mneggunakan metode <em>literatur review</em> untuk menggali secara mendalam penurunan stunting melalui UU perkawinan, pemanfaatan sayuran dan buah-buahan berdasarkan Al-Quran. Mencegah pernikahan dini melalui kajian literasi berdasarkan Al-quran sangat efektif. Banyak berpendapat ajaran islam melegalkan peernikahan dini untuk menghindari <em>free sex</em>. Quran surat An-Nisa’ ayat 6 menjadi <em>hujjah</em>, bahwa islam tidak mendukung pernikahan dini. Al-Quran juga membahas banyak tentang sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung gizi tinggi dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Kelebihan konsumsi sayuran dan buah-buahan disamping bergizi, murah, mudah didapat, alami, juga mampu memenuhi kebutuhan gizi balita, ibu hamil dan menyusui. Sayuran kelor juga terdapat dalam Al-quran dan terbukti secara ilmiah mengandung gizi cukup tinggi bahkan melebihi sayuran dan daging sapi dan ayam. Maka konsumsi sayuran dan buah-buahan mampu menurunkan stunting.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2228Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Smk IT Ibnu Katsir Rembangan2025-01-26T12:30:35+00:00Faiqoh Huwaidahfaiqoh06@gmail.comWahid Suharmawanfaiqoh06@gmail.comIka Romika Mawaddatifaiqoh06@gmail.com<p>Penelitian meneliti terkait konseling kelompok metode modeling terhadap tingkat disiplin siswa SMKIT Ibnu Katsir Rembangan. Populasi adalah siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 8 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Penelitian menunjukkan metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri. Dikuatkan dengan perhitungan rerata kedisipilinan siswa sebelum diberlakukan perlakuan sebesar 55,8 dan sesudah diberlakukan perlakuan meningkat sebesar 120. Uji wilxcon menunjukkan Asymp. Sig. bernilai 0,012 < 0,05. Kesimpulannya metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2226The Relationship Between Self Esteem and Career Planning in Students of The Al-Quran Islamic Boarding School Ibnu Katsir 1 Putra Jember 2025-01-26T12:11:05+00:00Ahmad Vicky Fatonivickyfatoni93@gmail.comImaratul Ulwiyahvickyfatoni93@gmail.comWeni Kurnia Rahmawativickyfatoni93@gmail.com<p>Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan <em>self esteem </em>dengan perencanaan karir. Perencanaan karir merupakan suatu hal yang sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat mempermudah kehidupan di masa mendatang khususnya di PPA Ibnu Katsir 1 Jember, akan tetapi banyak mahasiswa yang masih belum dapat merencanakan karir mereka, hal ini karena tingkat <em>self esteem </em>yang mereka miliki rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang memuat 40 item pernyataan pada angket <em>self esteem</em> dan perencanaan karir. Subjek uji coba instrumen adalah 21 responden di luar sampel penelitian. Dari tabel output dikenal nilai Sig. Nilai( kedua belah pihak) antara self esteem( X) serta perencanaan karir( Y) merupakan 0, 024&lt; 0, 05. Maksudnya ada ikatan positif antara variabel self esteem dengan variabel perencanaan karir. Nilai r hitung buat ikatan antara <em>self esteem</em>( X) serta perencanaan karir( Y) ditemui sebesar 0, 491 r Tabel 0, 433, menampilkan kalau terdapat ikatan ataupun korelasi antara variabel <em>self esteem</em> serta karir. merumuskan kalau terdapat ikatan.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikulturalhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/2224Efektivitas Teknik Regulasi Diri (Self-Regulation) untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasantri Pondok Pesantren Al Qur'an Ibnu Katsir Putra Angkatan 112025-01-26T11:53:22+00:00Shohibshohibashab5@gmail.comImaratul Ulwiyahshohibashab5@gmail.comIka Romika Mawaddatishohibashab5@gmail.com<p>Penelitian dimaksudkan guna mengurangi tingkat stres akademik mahasantri di PPA Katsir 1 Jember dengan penerapan metode <em>self regulation</em>. Tempat penelitian yakni PPA Ibnu Katsir 1 Jember, di jalan mangga 18 patrang, Kecamatan patrang. Penelitian memakai <em>purposive sampling. </em>Stres akademik adalah kecemasan yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh seseorang, jika intensitasnya tinggi berpotensi menghambat <em>produktifitas</em> mahasantri terutama ketika mendalami <em>dirosah islamiyah </em>dan perkuliahan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji <em>wilcoxon, dengan </em>desain penelitian yakni <em>pre-eksperimen one grup pretest- posttest. </em>Hasilnya bahwa pengujian Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp.Sig. yakni 0,068, dibawah standar 0,05. Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada penurunan tingkat stres akademik di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember setelah dilakukan konseling kelompok menggunakan <em>teknik self regulation</em>.</p>2025-01-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural