Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XA SMK MIN QU Gumukmas

Authors

  • Hari Kurniyanto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.903

Keywords:

Teknik Problem Solving, Kecerdasan Emosional

Abstract

Rendahnya tingkat kecerdasan emosional ditunjukkan siswa kelas XA SMK MIN QU Gumukmas berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta menjadi dasar pelaksanaan penelitian. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XA SMK MIN QU Gumukmas. Desain eksperimen tidak sebenarnya yang disajikan tahapan berupa tes awal, perlakuan dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XA SMK MIN QU Gumukmas. Dibuktikan dari hasil uji wilcoxon dengan nilai (µ) post-test 120,25 > 108,25 nilai (µ) pre-test pada siklus akhir. Nilai Asymp.Sign.(2-tailed) 0,012 < 0,025 pada siklus akhir, maka Ha diterima. Dipersepsikan terdapat peningkatan sebelum dan setelah diberikan treatment serta hipotesis diterima pada pelaksanaan siklus akhir.

References

Astutiani, Risma. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Semarang: Seminar Nasional.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djihadah, Nuryati. 2020. Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Banten: Jurnal Pendidikan Madrasah.

Majid, Abdul, & Chaerul Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nisa, Khairun. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Habits of Mind dan Emotional Quotient Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Natar. Lampung: SKRIPSI.

Oktavia,Ika. N. 2019. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa Kelas Xi Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik. Surabaya: UNESA

Pinahayu, Ajeng Rahmi. 2019. Problematika Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Pelajaran Matematika SMP Di Brebes. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (1), 77–85.

Pramono, Affiyani. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving bagi Siswa Kelas X IPA 4 SMA 1 Bae. Kudus: Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Reza, Muhammad. 2020. Kelebihan dan Kekurangan Metode/Teknik Problem Solving.

Rezqiano, Harry. 2019. Kecerdasan Emosional Menurut Psikolog Daniel Goleman. Brilio.NET.

Sunarti, Iin. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Uniku (Survei Pada Mahasiswa Semester Ganjil 2017-2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol. 15 No. 02.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Uno, B. Hamzah. 2012. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran (p. 85). Jakarta: Bumi Aksara. cet. Kedua.

Usman, Firmansyah. 2022. Pengaruh kecerdasan emosi dan budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pegawai universitas trunajaya bontang. Bontang: SKRIPSI.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Kurniyanto, H. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XA SMK MIN QU Gumukmas. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.903

Issue

Section

Articles