Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas-Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.840Keywords:
Role playing, Minat BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa pada kelas VIII dengan layanan bimbingan kelompok teknik role playing di SMP Minqu Gumukmas Jember, Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Minat belajar sangatlah penting terhadap siswa, agar siswa dapat meningkatkan dalam belajarnya, penelitian ini menggunakan eksperimen yaitu quasi eksperimen model desain One Group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan data hasil uji Wilcoxon dengan hasil Sig.(-2 tailed) yang menyatakan 0,012 lebih kecil dengan 0,025 yang artinya uji Wilcoxon dinyatakan diterima. Berdasarkan hasil yang di dapatkan yaitu terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing terhadap minat siswa dalam belajar kelas VIII SMP Minqu Gumukmas Jember.
References
Hardiansyah Masya & Arifin Efendi .2015." Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta," Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No, 1: 15-22.
Mulyasa E. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum, ( Banding: PT. Remaja Rosdakarya), h. 113.
Roida Eva Flora Siagian. 2015. " Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika," Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no.2 (2015): 122-131.
Sitompul, D. N. 2015. Pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role playing.
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal. Bandung: Andi Offset.
Syahrul M. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal of EST, Volume 1, Nomor 1,. Hal 46-60.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Press.
UU No 20, "Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional," Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2003): 6.