Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas-Jember

Authors

  • Nur Suci Indrawati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.840

Keywords:

Role playing, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa pada kelas VIII dengan layanan bimbingan kelompok teknik role playing  di SMP Minqu Gumukmas Jember, Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Minat belajar sangatlah penting terhadap siswa, agar siswa dapat meningkatkan dalam belajarnya, penelitian ini menggunakan eksperimen  yaitu quasi eksperimen model desain One Group pretest-posttest design.  Hasil  penelitian menunjukkan data hasil uji Wilcoxon dengan hasil Sig.(-2 tailed) yang menyatakan 0,012 lebih kecil dengan 0,025 yang artinya uji Wilcoxon dinyatakan diterima. Berdasarkan hasil yang di dapatkan yaitu terdapat  pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing terhadap minat siswa dalam belajar kelas VIII SMP  Minqu Gumukmas Jember.

References

Hardiansyah Masya & Arifin Efendi .2015." Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta," Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No, 1: 15-22.

Mulyasa E. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum, ( Banding: PT. Remaja Rosdakarya), h. 113.

Roida Eva Flora Siagian. 2015. " Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika," Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no.2 (2015): 122-131.

Sitompul, D. N. 2015. Pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role playing.

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal. Bandung: Andi Offset.

Syahrul M. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal of EST, Volume 1, Nomor 1,. Hal 46-60.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Press.

UU No 20, "Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional," Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2003): 6.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Indrawati, N. S. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas-Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.840

Issue

Section

Articles