Efektivitas Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa Kelas 12 BDP-1 SMK Trunojoyo Jember

Authors

  • Oktavia Dwi Mayandari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.839

Keywords:

Teknik Modelling, Self Exhibition

Abstract

Dilakukannya penelitian memiliki sebah maksuut atau tujuan guna melakukan peningkatan terhadap  self exhibition siswa kelas 12 BDP-1 SMK Trunojoyo Jember. Dalam definisinya, Self exhibition sebagai bentuk kemampuan yang ditonjokan dalam didi seseorang dengan menjelaskan terhadap segala sesuaitu yang dapat memberi kesan, pemikiran yang logis dan bernalar, membicarakan mengenai pengalaman dan kepribadiannya masing-masing orang. Lokasi penelitian yang dilakuakn yaitu bertempat pada SMK Trunojoyo Jember terhadap siwa kelas 12 BDP-1 sebagai sampel penelitian dengan teknik purposive sample. Dengan jumlah responden 20 siswa terdapat 4 siswa dengan kategori self exhibition rendah kemudian dilakukan pemberian treatment dengan sebuah konseling menggunakan teknik modelling. Berdasarkan hasil analisis uji-t skor pre test dan post test kelompok eksperimen dihasilkan t-hitung sebesar -4,344 dan df atau derajat kebebasan = 3 dengan dihasilkan Sig. (2-tailed) besarnya 0,023 dalam taraf signifikansinya 0,05. Nilainya Sig. (2-tailed) lebih kecil bila dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 atau (0,023 < 0,05). Maka dapat disimpulkan dengan adanya ketidaksamaan dengan siginifikan pada hasil skor pre test dan post test pada kelompok eksperimen. Dari hasil uji-t tersebut peneliti menyimpulkan bahwa teknik modelling efektiv guna peningkatan self exhibition siswa kelas 12 BDP-1 SMK Trunojoyo Jember.

References

Dewi, Made Indah, Kadek Suranata dan I Ketut Dharsana. 2019. Effectiveness of Modeling Techniques on Self Exhibition of Student of Laboratorium Undiksha High School. Bisma The Journal Of Counseling, 3.

Ernawati, Renatha, Afdal. 2018. Peningkatan Disiplin Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Dengan Menggunakan Teknik Modelling Melalui Layanan Penguasaan Konten Di Smpn 49 Jakarta Pada Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras, 1:2

Indrayani, Luh De (2020) Efektivitas Konseling Humanistik Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa. Skripsi diterbitkan. Singaraja: FIP Uindiksha.

Indrayani, Luh De, Ketut Dharsana dan Kadek Suranata. 2020. Konseling Humanistik Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1:10-11.

Jayanthi, Kadek Karmila, Nyoman Dantes dan I Ketut Gading. 2019. Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Uindiksha, 10:100

Putra, Gusti Agung Aditya Nata, I Ketut Dharsana dan Ari Darmayanti. 2017. Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling untuk mengembangkan Self Exhibition. Bisma The Journal Of Counseling, 1.

Raka, I Kadek, Prof. Dr. Ketut Dharsana, M.Pd dan Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. 2015. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Relaksasi Untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa Kelas Viii.10 Smp Negeri 2 Singaraja. Skripsi diterbitkan. Singaraja: FIP Uindiksha.

Sutama, Suranata, dan Dharsana. 2014. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ak C Smk Negeri 1 Singaraja. e-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 5:14.

Wijaya, Andi Putra. 2019. Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas X Man 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Skripsi diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yulihastuti, Nur Khixmah. 2018. Penerapan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Sikap Wirausaha Pada Siswa. Jurnal Litbang, 2:139-146

Yusuf, Syamsu&Juntika, Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakaraya.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Mayandari , O. D., Rahmawati, W. K., & Ulfa , N. M. (2023). Efektivitas Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa Kelas 12 BDP-1 SMK Trunojoyo Jember . PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.839

Issue

Section

Articles