Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP MIN QU Jatiagung Gumukmas Jember

Authors

  • Alful Lailah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Moh. Usman Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.838

Keywords:

Teknik Diskusi Kelompok Kecil, Kepercayaan Diri, Sikap, Tanggung Jawab

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Lokasi yang di gunakan sebagai tempat penelitian adalah SMP MIN QU Desa Jatiagung Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok kecil. Kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan pada diri sendiri sehingga dalam setiap tindakannya merasa bebas untuk melakukan hal yang sesuai dengan keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, memiliki dorongan untuk meraih prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan pada dirinya sendiri. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk meneliti. Apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok kecil berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP MIN QU Jatiagung Gumukmas Jember. Data yang di ambil adalah data uji validitas dan uji reliabilitas. Metode penelitian eksperimen menggunakan jenis Quasi Eksperiment dengan desain one group pretest-postest design dan analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan metode perhitungan yang di lakukan di dalam uji Wilcoxon Signed rank test, nilai Wilcoxon yang di dapatkan adalah sebesar (0,012) pada nilai Asymp. Sig. (2-tailed). Menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga dapat di simpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok kecil berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

References

Anitah. 2014. Kajian Bimbingan Dan Konseling, ( jiptummpp-gdl-nitapurnam-49781-3-babii), di akses 6 feb 2022.

Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Dariyo, A. 2014. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia

Fitriani, N. 2017. Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa SMP Yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol 2, No 2, pp 251-365. Prodi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon.

Hakim, T. 2005a. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Komalasari, G & Wahyuni, E. 2016. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks permata puri media.

Mishbahuddin, A. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah BK, (1), 1.

Pratiwi, D.A., Arifin N.B., & Mutakin Fakhruddin. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Bimbingan Konseling, (2), 1-6.

Prayitno. “Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil)” (Jakarta: Ghalia Indonesia,1995)

Pudjiastuti, I.A. 2010. Memperkuat Kepercayaan Diri Anak melalui Percakapan Referensial. Jurnal Pendidikan Penabur. 15 (37).

Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UPT UNM PRESS.

Rusman. 2013a. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saputra, Bayu. Hartuti, P. & Mishbahuddin, A. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah BK, (1), 1.

Simbolon, R. (2013). Profil Kepercayaan diri Peserta Didik dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Disertasi tidak di terbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Singarimbun, M., & Shofian, E. (1995). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT ALFABETA, 2016.

Sugiyono. 2017b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT ALFABETA, 2016.

Taniredja, Tukiran. & Mustafidah, Hidayati. 2014. Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Lailah, A., & Kurniawan, M. U. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP MIN QU Jatiagung Gumukmas Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.838

Issue

Section

Articles