Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas

Authors

  • Adriyan Darusman Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.837

Keywords:

Teknik Restrukturisasi Kognitif, Percaya diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan Konseling kelompok cara restrukturisasi kognitif untuk Mengupayakan tingkat percaya diri siswa Kelas X SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas dengan konsep desain One-group pretest-posttest design. Sampelnya 10 siswa kelas X yang memiliki tingkat percaya diri rendah. Dalam pengumpulan data Angket Hasil Dari penelitian yang di capai memberikan hasil yang positif layanan bimbingan dapat meningkatkan percaya diri siswa hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p=0,005 yaitu: p<; 0,05, disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya selain mean sesudah pengujian lebih besar dari nilai sebelum pengujian (96,0 ? 47,3), dapat diyakini Teknik restrukturisasi kognitif efektif digunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas.

References

Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Media Akademi.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Elias, Gustap & Handayani, L. Supri. (2014). Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis 5E untuk SMA. Yogyakarta.

Jahja, Yudrik. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana. Koshigaya. Osamu.

Mastur, dkk. (2012). “Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa”. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(II). Hlm. 248 – 261.

Masya, Hardiyansyah, Rohyan. (2016). Penggunaan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Percaya diri. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3 (II). Hlm. 317 – 330.

Mirhan, & Kurnia, J.B.J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1),86–96.

Nursalim, Mochamad. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Akademia Permata.

Nursalim, Mochammad, dkk. (2012). Strategi Konseling. Surabaya : UNESA University Press.

Prayitno, dkk, (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, hlm 238.

Singarimbun, M., & Shofian, E (1995). Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES

Sugiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Walid, A., Gamal, R., Kusumah, T., Doktoral, P., & Doktoral, P. 2015. Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. 217–226.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Darusman, A. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.837

Issue

Section

Articles