Pengaruh Teknik REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI BDP-3 SMK Trunojoyo Jember

Authors

  • Nyi Ageng Wasilatussalam Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Aswar Anas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.836

Keywords:

Rational Emotive Theraphy, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang percaya diri sehingga dapat menghambat perkembangan prestasi di Sekolah SMK Trunojoyo Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberi layanan konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Therapy. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimen dengan jenis Countrol Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa Sekolah SMK Trunojoyo Jember. Sampel diambil sebanyak 8 siswa yang mengalami masalah tentang kepercayaan diri rendah melalui teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan Kuasi Eksperiment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Therapy berada dikategori skor sedang yaitu 56 dan setelah diberikan layanan konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Therapy kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan skor menjadi 145, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Rational Emotive Therapy dalam konseling individual efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dilihat dari angka probalitas Asyimp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,025 sehingga Ho ditolak.

References

Endang Sulistiyowati. 2015. “Penerapan Pendekatan Rational Emotive Therapy Untuk Mengatasi Sikap Minder Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Karanganyar Demak”. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Hakim. (2017). Teori danPengertian Percaya Diri.Jakarta : PT . Indeks

Iffa Dian Pratiwi, dkk. “Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri X”. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. Vol.7. No. 1. 2016. hal.44.

Jamal. 2018. “Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), kepercayaan diri;Korban Penyalahgunaan NAPZA”. Jakarta : UIN Syarif Hidayatulla

Muhammad Surya. 2004. Dasar-dasar Konseling Pendidikan. Bandung: Bhakti Winaya.

Prayitno. 2004. Seri Kegiatan Pendukung Konseling L.1-L.9. Padang.

Sri Hartanti dan Imas Kania Rahman. 2017. “Konsep Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Berbasis Islam Untuk Membentuk Prilaku Etis”. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. VII No.2.

Sofyan S. Willis. (2018). Konseling Individual. Bandung : PT . Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung : PT . Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sofyan S. Willis. (2018). Konseling Individual. Bandung : PT . Refika Aditama

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung : Gramedia

Thursan Hakim. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : PuspaSwara.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan di Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grapindo.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Wasilatussalam, N. A., Anas, A., & Sukmawati, B. (2023). Pengaruh Teknik REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI BDP-3 SMK Trunojoyo Jember . PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.836

Issue

Section

Articles