Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP MIN-QU Gumukmas
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.834Keywords:
Efektivitas layanan kelompok, home room, motivasi belajarAbstract
Keefektifan pembelajaran kelompok ditambah penggunaan metode home room merupakan tujuan dilaksanakan penelitian ini. Motivasi belajar yang relatif kurang akan selalu menghambat terciptanya suasana belajar yang kontributif dan peringkat yang merosot. Merupakan jenis penelitian kuantitatif berdesain eksperimen semu dengan pelaksanaan pretest posttest pada satu kelompok penelitian. Hasil akhir menyatakan terjadi perubahan (µ) pretest 97,714 < 113,000 (µ) posttest setelah diberi treatment bertahap. Diterima pula data statistik berupa Ho tidak diterima sebab Asymp.Sig. 0,011 lebih kecil dari 0,025 sehingga bimbingan kelompok teknik home room efektif mengatasi rendahnya semangat menuntut ilmu dibidang pendidikan. Pertolongan mengetahui kedua hasil tersebut memakai formula Wilcoxon pada SPSS.
References
Agustin, Fani Marera. 2019. Efektivitas Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ngasem. Journal Simki-Pedagogia, ISSN: 2599-073X, Vol. 03, No. 01. Prodi Bimbingan dan Konseling: Kediri.
A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Baita, Rinda Nur. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo. Jurnal BK UNESA, ISSN:1335936558, Vol. 7, No. 2. Prodi Bimbingan dan Konseling: Surabaya.
Hamzah, B. Uno. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Satria, M. 2021. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar DI SMPN 12 Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan: Lampung.
Setiawan, Adi. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Sidoarjo. Jurnal BK, ISSN:2580-2046, Vol. 4, No. 2. Prodi BK: Surabaya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.