Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMK MIN-QU Gumukmas Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.832Keywords:
Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri, Penelitian EksperimenAbstract
Penelitian ini guna meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas X SMK MINQU Gumukmas. Kepercayan diri sangatlah penting terlebih lagi pada masa pendidikan, misalnya saja pada lingkup sekolah yang banyak membutuhkan banyak bersosialisasi. Sedangkan bersosialisasi sendiri itu juga memerlukan keberanian serta kepercayaan diri.Kepercayaan diri juga berguna untuk mengatahui potensi yang berada didalam diri individu. Oleh sebab itu penelitian ini ditujukan guna meningkatkan kepercayaan diri pada seluruh siswa kelas X SMK MINQU. Rancangan penelitian yang dipakai yakni pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Analisis data memakai analisis statistic non-parametrik berupa uji Wilcoxon. Hasil data yang digunakan ialah 28 siswa sebelum treatment (pretest) dan 4 siswa sesudah treatment (posttest). Hasil penelitian menunjukkan data hasil uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yakni 0,068, lebih besar dari 0,05 yang artinya uji Wilcoxon dinyatakan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika tidak adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri
References
Amalia, N. I., Handayani, A., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 19-26.
Amanah, E. S. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Assertive Peserta Didik Kelas X Perhotelan Di Smk Negeri 3 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Ameliah, I. H. (2016). Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Vii Mts Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 5(1).
Ana, A., Wibowo, M. E., & Wagimin, W. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Harapan Hasil (Outcome Expectations) Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 49-53.
Ayundari, A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dengan Teknik Diskusi Terhadap Peningkatan Percaya Diri Peserta Didik Kelas Ix B Mts Al Khairiyah Natar Lampung Selatan Tehun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Christiana, E., & Wahyu, N. E. S. (2010). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 Sma Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Makalah Unesa: Tidak Diterbitkan.Kai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 100-111.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167.
Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).
Fatimah, D. (2015). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik role playinguntuk mengembangkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1)
Hanan, H. A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan Konseling Siswa Kelas Viii. C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62-72.
Hapsyah, D. R. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Prasangka Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 162-175.
Hartono, H., & Saputro, M. (2018). Pembentukan Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Matematika Melalui Penerapan Supercamp. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 43-56.
Hetilaniar, H., & Murniviyanti, L. (2021). Analisis Kelayakan Modul Pementasan Monolog Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Role Playing Dan Teknik 3m (Meniru, Mengolah Dan Mengembangkan). Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 143-160.
Khulwah, A. R., & Mugiarso, H. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Zoom Meeting Dengan Teknik Johari Window Terhadap Peningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance And Counseling, 2(02), 113-120.
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1).
Lestari, Y., Yusmansyah, Y., & Rahmayanthi, R. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(1).
Maryati, M. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Time Management Skill Pada Siswa. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 18-24.
Maulana, C., Lubis, I. A., & Ramadhani, R. (2019). Peranan Media Interaktif Dalam Percakapan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Role Play (Lokasi: Smp Negeri 7 Tanjung Balai). Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(1), 59-64.
Mawarni, M. E. (2012). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Tata Krama Pergaulan Di Sekolah Pada Siswa Kelas X. 6 Sma Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012.
Miranda, I., Al Hakim, I., & Wibowo, B. Y. (2019). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 4(2).
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sung
Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil Tingkat Percaya Diri Siswa Smk Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 19-26.
Purnaningtyas, P. S., & Nugraha, A. (2021, August). Pengembangan Permainan Gobag Sodor Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Sma Muhammadiyah 3 Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).
Rifki, M. (2008). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Islam Almaarif Singosari Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Simarmata, S. W., & Arianti, D. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Broken Home Pada Siswa Kelas X Smk Pabaku Kec. Stabat Ta 2017/2018. Al-Irsyad, 7(2).
Syarif, K., & Hasibuan, M. L. (2014). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Tambunan, F. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Pada Siswa Smp Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Widyaningtyas, D., & Farid, M. (2014). Pengaruh Experiential Learning Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kerjasama Tim Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia,3(03).