Dampak Media Sosial Terhadap Psychological Wellbeing Remaja

Authors

  • Nailul Fauziyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Silvin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2232

Keywords:

media sosial, psychological wellbeing

Abstract

Di era Society 5.0, media sosial menjadi komponen penting dalam kehidupan masyarakat termasuk remaja. Dengan peran media sosial yang meluas ke berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, dan kesehatan memberikan Gambaran objektif bagaimana media social menjadi bagian integral yang sulit dipisahkan pada kehidupan saat ini. Penelitian ini mengeksplorasi dampak media sosial terhadap psychological wellbeing remaja, yang mencakup dampak positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur dilakukan dengan memilih artikel penelitian ilmiah yang kredibel. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian studi literatur meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Data menunjukkan bahwa mayoritas remaja menggunakan media sosial untuk hiburan, interaksi sosial, dan pengembangan diri. Dampak positif meliputi peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan digital, dan dukungan sosial. Namun, dampak negatif seperti kecemasan, FOMO (Fear of Missing Out), kecanduan media sosial, dan cyberbullying juga signifikan. Studi literatur ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan publikasi ilmiah terkini untuk mengevaluasi pengaruh media sosial pada wellbeing remaja. Perlu bagi individu khususnya remaja untuk menggunakan media sosial dengan bijaksana untuk meminimalisir dampak negative terhadap psychological wellbeing dan memaksimalkan manfaatnya dalam mendukung pertumbuhan remaja secara holistik.

References

Aji, Wisnu Nugroho & Setiyadi, B. P. (2020). Aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Jurnal Metafora, VI(2), 147–157.

Amartha, Anwar. (2023). Strategi Kreatiif Membuat Konten Media Sosial Tiktok yang Diminati Remaja. Jurnal Sosial dan Humaniora Vol 1 No 2.

Annur, C. M. (2023, November 22). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Retrieved from databoks.katadata: https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/e648305dcaf6b0f/indonesiapunya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pemuda Indonesia. Vol. 21.

Chaerani, N., Shabrina, H., Lestari, D., Fahrussiam, F., Prasetyo, A. R., & Musdi, M. (2023). Communication Skills: Meningkatkan Keberanian Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Melalui Pelatihan Public Speaking. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2604-2612

Daulay., et. al. (2023). Penggunaan Media Sosial terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Suluh Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 8 No 2.

Fathurroman, et., al. (2023). The Influence of Social Media Use on The Self Perception and Social Relations of Teenagers in The Digital Era. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi Vol 1 No 2.

Girsang, L. R. M. [ 2018] Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengamdian Dan Kewirausahaan, 2[2].

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c90dz10zp43o (diakses pada tanggal 20 Desember 2024)

https://www.theglobalstatistics.com/indonesia-social-media-statistics/#google_vignette (diakses pada tanggal 20 Desember 2024)

Maharani, Putri Shamira, Hairani Lubis, and Elda Trialisa Putri. 2022. “Orientasi Masa Depan Dan Perencanaan Karir Pada Remaja Content Creator Di Samarinda.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 10 (2): 353. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7698

Maknuni, J. 2020. Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 2(2), 94–106. https://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/IDEAL

Mastuti, E., Indrijti, H., & Andriani, F. (2008). Memahami Perilaku Prokrastinasi Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9 (02), 23-30.

Mubarok, S., Kurniawan, H., Wulandari, D. P., & Suharyat, Y. (2022). Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–15

Nurdiman, M.,Pasciana,R., & Mustakiah, I.A. [2020] Pelatihan Public Speaking. Jurnal Budaya Masyarakat [JMB], 1[2], 39-42

Pratiwi, A. (2017). Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa SMP Negeri 2 Minasatene. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 55-64.

Prayacita dan Maryam. (2021). Social Wellbeing in Student Social Media Users: Social Wellbeing pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology Vol 1 No 1.

Prihartini, Al Habsy, Hariastuti, Christiana.2023. Faktor-Faktor Pshychological Wellbeing Pada Remaja. Jurnal NOR (Nusantara Of Research), 11(4),395.

Purba, et., al. (2021). Fear of Missing Out dan Psychological Wellbeing dalam Menggunakan Media Sosial. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi Vol 2 No 1.

Rahman, et., al. (2021). Penggunaan Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Orang Dewasa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY.

Ramadhani dan Hariko. (2022). Subjective Wellbeing Siswa Pengguna Tiktok berdasarkan Perbedaan Intensitas Penggunaan. Counseling and Humanities Review Vol 2 No 1.

Rizaty, M. A. (2024, Februari 13). Data Pengguna Aplikasi TikTok di Indonesia pada Oktober 2021-Januari 2024. Retrieved from dataindonesia:

Robeyns Ingrid. 2020. Wellbeing, Space and Society. Jurnal ELSEVIER. www.elsevier.com/locate/wss

Romdhoni, M. W., & Faizah, N. (2018). Efektivitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Santri Di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah

Sahroni, Imam, Annisa Arumaisyah Daulay, Indah Suci Fajariah, and Illisa Alvi. 2023. “Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja: The Use Of Social Media On Adolescent Self Confidience.” Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(2):96–102. doi: 10.33084/suluh.v8i2.4499.

Saraswati, et., al. (2024). Psychological Wellbeing pada Remaja: Bagaimana Peranan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial. Jiwa: Jurnal Psikologi Indonesia Vol 2 No 1.

Saripah, et., al. (2023). Perilaku Narsistik Remaja di Media Sosial dan Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling Vol 7 No 1.

Silitonga. (2023). Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial terhadap Perkembangan Sosial, Psikologis dan Perilaku Remaja yang tidak Terbiasa dengan Teknologi Sosial Media di Indonesia. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Vol 2 No 4

Sugiono, 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta

Suyono, et., al. (2023). Peluang Bisnis menjadi Konten Kreator di Kalangan Remaja Milenial pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Segawati: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2.

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. B. (2017, August). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (Pp. 84-92).

Yanti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Kader Pada Organisasi ISKADA (Doctoral Dissertation, UIN Ar-Raniry).

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Fauziyah, N., Silvin, & Ulfa, N. M. (2025). Dampak Media Sosial Terhadap Psychological Wellbeing Remaja. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2232