Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reframing Terhadap Kepekaan Sosial Mahasantri Pondok Pesantren Al Quran Ibnu Katsir Putra Angkatan 11

Authors

  • Khairuddin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Imaratul Ulwiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2231

Keywords:

Teknik raframing, kepekaan sosial, bimbingan kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi atau menigkatkan tingkat kepekan sosial yang dialami oleh mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember, di jalan mangga 18 patrang, Kecamatan patrang dengan menggunakan purposive sampling. Kepekaan sosial merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh mahasantri, namun jika tingkat kepekaan sosialnya maka akan dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat menghambat produktifitas santri terutama dalam bersosialisasi baik itu dilingkuangnya maupun diluar lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk meneliti apakah penerapan teknik reframing dapat membantu mereduksi meningkatkan kepekaan sosial pada mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember. Metode analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest- posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS ver 25.0 diperoleh nilai Z sebesar -7,30 dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar ,465. Dari hasil pengujian di atas, diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar ,465. <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada penurunan tingkat stres akademik di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember setelah dilakukan konseling kelompok menggunakan teknik reframing.

References

Azizah, Ayuni Nur (2019), Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa SMP NEGERI 5 Yogyakarta, Uin Sunan Kali Jaga

Azkia, Atna Nida (2017), Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa MAN 4 Bantul Yogyakarta, Uin Sunan Kali Jaga

Djohan, “Musical Ability As A Mean of Development of Social Skills,” Jurnal

Fepbrina, (2017), Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Interaksi Sosial Siswa Di SMPIT AL-IKHSAN

Hallen,A (2005) bimbingan dan konseling, edisi revisi, (jakarta: quantum teaching,

Heiriyah, A. Hayati, Sri Ayatani (2020) Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Pada Mts Al Ikhwan Banjarmasin, Skripsi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad, Indonesia Jakarta:Rineka Cipta.

Kurniawan, M. U. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Soft Skills Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI Ips Sman 3 Jember. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 45-57.

Lailani,T (2019), Keefektifan Layanan Penguasaan Konten Magelang) (Disertasi Doktor, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Mustari, M (2011) Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan Karakter (yogjakarta: pressindo) Penelitian dan Edukasi Pendidikan 12, no. 1 (2009): 116.

Pertiwi, dkk, Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan

Pertiwi, E., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial (Percaya Diri) Remaja Di SMA Negeri 7 Manado. Jurnal 2000 , 4 (2).

Pranoto, H. (2016). Upaya Peningkatan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro , 1 (1), 100-111.

Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan , 3 (2), 173-188.

RahayuNingsih. S., (2021). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Positif Self Talk Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ma. Al-Khairiyah Natar Tahun Ajaran 2020/2021 (Disertasi Doktor, Uin Raden Intan Lampung).

Rifda E. F., Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Idea Press, 2016.

Rohima, Emma (2018), Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi di MAN Pematang Bandar, Skripsi, Uin Sumatera Utara Medan

Romlah, T . Fadilah, S. N (2019). Bimbingan Dan Konseling Kelompok.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Ceria.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80- 85.

Sapriya,(2019) Pendidikan Ips, (bandung: rosda, , psikologi sosial

Saputra, Y (2018) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII DI SMP NEGERI 9 Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018, Skripsi, Uin Raden Intan

Sari, Ip, & Yendi, Fm (2018). Peran Konselor Dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. Sekolah: Jurnal Konseling Sekolah Indonesia , 3 (3), 80-88.

Sari, N., Giyono, G., & Sofia, A. (2015). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas Viii. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling) ,4 (2).

Siregar, Siti Habsyah (2020), Efektivitas Teknik Home Room Dalam Layanan

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Rineka Cipta,

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: penerbit Alfabeta

Sulistyaningsih, R. (2018). Efektifitas Teknik Metafora Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa ( Disertasi Doktor, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Khairuddin, Ulwiyah, I., & Suharmawan, W. (2025). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reframing Terhadap Kepekaan Sosial Mahasantri Pondok Pesantren Al Quran Ibnu Katsir Putra Angkatan 11. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 3(1), 75–88. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2231