Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Smk IT Ibnu Katsir Rembangan

Authors

  • Faiqoh Huwaidah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2228

Keywords:

Bimbingan Konseling, Teknik Modeling, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian meneliti terkait konseling kelompok metode modeling terhadap tingkat disiplin siswa SMKIT Ibnu Katsir Rembangan. Populasi adalah  siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 8 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Penelitian menunjukkan metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri. Dikuatkan dengan perhitungan rerata kedisipilinan siswa sebelum diberlakukan perlakuan sebesar 55,8 dan sesudah diberlakukan perlakuan meningkat sebesar 120. Uji wilxcon menunjukkan Asymp. Sig. bernilai 0,012 < 0,05. Kesimpulannya metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri

References

A, Hallen. 2005. “Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi”, Jakarta: Quantum Teaching.

Al Adawiyah, R., Anas, A., Ulwiyah, I., & Kurniawan, M. U. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMPN Sukorambi Jember. Pandalungan: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 2(1), 20-31.

Alwisol. 2006. “Psikologi kepribadian” Malang: UMM Press.

Anas Salahudin. 2013 Pendidikan Karakter, (Bandung: Pustaka Setia)

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Corey, Gerald. 2003. “Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi” Bandung: Refika Aditama.

Darmadi, H. 2017. Perkembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta:Budi Utama Grup

G. Komalasari, E. Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling, PT Indeks, Jakarta

Hallena. 2005. Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi.Jakarta: Quantum Teaching

Kurniawan, M. U. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Soft Skills Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI Ips Sman 3 Jember. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 45-57.

Muhammad Nur Salim. 2005. “Strategi Konseling” Surabaya: Unesa University Press.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Prayitno. 2004. “Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok “(L6) (L7). Padang: Universitas Negeri Padang.

Siti Hartinah. 2009. Bimbingan Kelompok, (Bandung : PT Refika Aditama)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2008. Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi, dan prakteknya. Jakarta : PT. Bumi Aksar

Thornberg, R. 2008. School Children’s Reasoning About School Rules. Research Papers in Education, 23(1), 37–52.

Tohirin. 2013. “Bimbingan dan Konseling di sekolah dan masyarakat (Berbasis Integras)” Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Huwaidah, F., Suharmawan, W., & Mawaddati, I. R. (2025). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Smk IT Ibnu Katsir Rembangan. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2228