Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Smk IT Ibnu Katsir Rembangan
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2228Keywords:
Bimbingan Konseling, Teknik Modeling, KedisiplinanAbstract
Penelitian meneliti terkait konseling kelompok metode modeling terhadap tingkat disiplin siswa SMKIT Ibnu Katsir Rembangan. Populasi adalah siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 8 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Penelitian menunjukkan metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri. Dikuatkan dengan perhitungan rerata kedisipilinan siswa sebelum diberlakukan perlakuan sebesar 55,8 dan sesudah diberlakukan perlakuan meningkat sebesar 120. Uji wilxcon menunjukkan Asymp. Sig. bernilai 0,012 < 0,05. Kesimpulannya metode modeling mampu meningkatkan kualitas kedisiplinan santri
References
A, Hallen. 2005. “Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi”, Jakarta: Quantum Teaching.
Al Adawiyah, R., Anas, A., Ulwiyah, I., & Kurniawan, M. U. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMPN Sukorambi Jember. Pandalungan: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 2(1), 20-31.
Alwisol. 2006. “Psikologi kepribadian” Malang: UMM Press.
Anas Salahudin. 2013 Pendidikan Karakter, (Bandung: Pustaka Setia)
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Corey, Gerald. 2003. “Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi” Bandung: Refika Aditama.
Darmadi, H. 2017. Perkembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta:Budi Utama Grup
G. Komalasari, E. Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling, PT Indeks, Jakarta
Hallena. 2005. Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi.Jakarta: Quantum Teaching
Kurniawan, M. U. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Soft Skills Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI Ips Sman 3 Jember. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 45-57.
Muhammad Nur Salim. 2005. “Strategi Konseling” Surabaya: Unesa University Press.
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya
Prayitno. 2004. “Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok “(L6) (L7). Padang: Universitas Negeri Padang.
Siti Hartinah. 2009. Bimbingan Kelompok, (Bandung : PT Refika Aditama)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2008. Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi, dan prakteknya. Jakarta : PT. Bumi Aksar
Thornberg, R. 2008. School Children’s Reasoning About School Rules. Research Papers in Education, 23(1), 37–52.
Tohirin. 2013. “Bimbingan dan Konseling di sekolah dan masyarakat (Berbasis Integras)” Jakarta: Rajawali Press.