Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santri Angkatan 2019 Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember

Authors

  • Masrifah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2227

Keywords:

teknik modeling simbolis, public speaking

Abstract

Penelitian dimaksudkan guna menumbuhkan keterampilan public speaking santri angkatan 2019 ibnu katsir 2 jember melalui penerapan metode modeling simbolis.  Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasantri angkatan 2019 dengan sampel sebanyak 5 mahasantri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan kuesioner. Sebelum angket di gunakan maka di uji validitas dan reabilitas untuk memperoleh angket yang valid. teknik analisis data yang di gunakan adalah uji wilxocon Match Pairs Tes. Hasilnya : teknik modeling simbolis efektif untuk menumbuhkan kemampuan public speaking santri angkatan 2019,  terbukti dari hasil treatment memakai metode modeling simbolis yang menunjukkan adanya peningkatan public speaking  yang dialami oleh santri. Pada pre-test skor rata-rata 84,8 dan skor post-test pertama rata-rata 94,4 post-test kedua dengan skor rata-rata 105,4 pada post-test ketiga dengan skor rata-rata 120, dah post-test ke empat dengan skor 128. Dan di dapat pada hasil uji wilxocon Match Pairs Tes  ketahui nilai Asym.Sig yakni 0,034 dibawah standar 0,05 artinya bahwa ada peningkatan kemampuan public apeaking yang signifikan. Dapat di ambil kesimpulan bahwa teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan kemampuan public speaking santri angkaran 2019 PPA ibnu katsir 2 jember.

References

Akademik Berdasar Tingkat Self Regulation Learning Dan Trait Kepribadian.

Chaerani, N., Shabrina, H., Lestari, D., Fahrussiam, F., Prasetyo, A. R., & Musdi, M. (2023). COMMUNICATION SKILLS: MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2604-2612

Girsang, L. R. M. [ 2018] public speaking sebagai bagian dari komunikasi efektif (kegiatan pkm di sma kristoforus 2, jakarta barat). Jurnal pengamdian dan kewirausahaan, 2[2].

Mastuti, E., Indrijti, H., & Andriani, F. (2008). Memahami Perilaku Prokrastinasi

Mukholladun, W., Rahmawati, W. K., Ulwiyah, I., & Kurniawan, M. U. (2024). Efektifitas Teknik Cinema Education Untuk Meningkatkan Sikap Asertif Mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 2(1), 89-97.

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(02), 23-30.

Nurdiman, M.,Pasciana,R., & Mustakiah, I.A. [2020] Pelatihan Public Speaking. Jurnal Budaya Masyarakat [JMB], 1[2], 39-42

Pratiwi, A. (2017). Efektifitas teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP Negeri 2 Minasatene. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 55-64.

Romdhoni, M. W., & Faizah, N. (2018). Efektivitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah

Sugiono, 2019 metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. B. (2017, August). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 84-92).

Yanti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Kader Pada Organisasi ISKADA (Doctoral dissertation, UIN Ar- raniry).

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Masrifah, M., Rahmawati, W. K., & Ulfa, N. M. (2025). Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santri Angkatan 2019 Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2227