Motivasi Belajar Siswa Disabilitas Intelektual Sedang Kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember

Authors

  • Hanan Meisa Sari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2225

Keywords:

Motivasi belajar, Siswa, Disabilitas intelektual sedang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SLB Negeri Branjangan Jember, di jalan Branjangan 1, Semenggu, Bintoro, Patrang dengan menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi minat dan keinginan dalam belajar, siswa semangat dalam kegiata belajar sehari hari dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, siswa berusaha mengerjakan tugas yang telah di berikan dengan baik meskipun ada jawaban yang tidak sesuai dan dalam mengerjakan tugas membutuhkan waktu lama, ketika belajar siswa tidak pernah menyerah dan putus asa. Sedangkan faktor faktor yang mempengaruhi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember adalah peran orang tua yang mendukung aktivitas belajar sehingga siswa termotivasi untuk giat belajar dan teman teman di sekolah yang membawa pengaruh kepada subjek penelitian, menjadikan subjek lebih semangat dalam kegiatan belajar sehari hari di sekolah

References

Cahyani, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 126-127.

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. (Online), (https://mutucertification.com/uu-no-20-tahun-2003-sistem-pendidikan/), di akses pada 6 November 2023

Ernia, dkk. (2021). Faktor Motivasi Belajar Ditinjau Dari Peran Serta Orangtua Siswa Tunagrahita di SLBS Sunan Muria. Jurnal Education and Culture. 1 (1) 10

Kurniawan, M. U. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Soft Skills Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI Ips Sman 3 Jember. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 45-57.

Moleong.(2017). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 1 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2018/2019. (Online), (file:///C:/Users/PERSONAL/Downloads/1538-3096-1-SM.pdf ), di akses pada 21 Desember

Rochyadi, Endang & Alimin, Zaenal. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Bagi Anak Tungrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.

Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Sari, H. M., Sukmawati, B., & Kismawiyati, R. (2025). Motivasi Belajar Siswa Disabilitas Intelektual Sedang Kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2225