Efektivitas Teknik Regulasi Diri (Self-Regulation) untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasantri Pondok Pesantren Al Qur'an Ibnu Katsir Putra Angkatan 11
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v3i1.2224Keywords:
Teknik self regulation, stres akademik, bimbingan kelompokAbstract
Penelitian dimaksudkan guna mengurangi tingkat stres akademik mahasantri di PPA Katsir 1 Jember dengan penerapan metode self regulation. Tempat penelitian yakni PPA Ibnu Katsir 1 Jember, di jalan mangga 18 patrang, Kecamatan patrang. Penelitian memakai purposive sampling. Stres akademik adalah kecemasan yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh seseorang, jika intensitasnya tinggi berpotensi menghambat produktifitas mahasantri terutama ketika mendalami dirosah islamiyah dan perkuliahan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon, dengan desain penelitian yakni pre-eksperimen one grup pretest- posttest. Hasilnya bahwa pengujian Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp.Sig. yakni 0,068, dibawah standar 0,05. Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada penurunan tingkat stres akademik di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember setelah dilakukan konseling kelompok menggunakan teknik self regulation.
References
Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). Self-regulated learning concept: Student learning progress. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta, 69.
Bahrun, S.,dkk (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Object Oriented Programming. Transistor Elektro Dan Informatika, 2(2), 81–88.
Bandura, A. (2014). Social cognitive theory of moral thought and action. In Handbook of moral behavior and development (pp. 69–128). Psychology press.
Bandura, A., et al R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control. Springer.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017b). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Baumeister, R. F., dkk. (2006). Self?regulation and personality: How interventions increase regulatory success, and how depletion moderates the effects of traits on behavior. Journal of Personality, 74(6), 1773–1802.
Beishuizen, J., & Steffens, K. (2011). A conceptual framework for research on self-regulated learning. In Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (pp. 1–19). Brill.
Barlow, David H. 2018. Abnormal Pshycology: An Integrative Approach Sixth Canadian Edition. Nelson Education Ltd
Clark, David A., Beck, Aaron T. 2012. The Anxiety and Worry Workbook: The Cognitive Behavioral Solution. The Guilford Press
Gadzella, B. M. (1994). Student-life stress inventory: Identification of and reactions to stressors. Psychological Reports, 74(2), 395–402.
Gadzella, B. M. (2004a). Three stress groups on their stressors and reactions to stressors in five studies. Psychological Reports, 94(2), 562–564.
Kurniawan, M. U. (2020). Analisis kesiapan kerja mahasiswa di era revolusi industri 4.0 ditinjau dari soft skills mahasiswa. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 109-114.
Lawrence, N. S., et al. (n.d.). Factors of Stress Affecting the Academic Performance among the University Students.
Manjula, G., & Vijaylaxmi, A. H. M. (2012). Streessors of academic stress-A study on pre university students, India J. sci. Res, 3(1), 171–175.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self-instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282.
Prayitno, E. A. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rohmatillah, W., & Kholifah, N. (2021). Stress akademik antara laki-laki dan perempuan siswa school from home. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(1), 38–52.
Rasimin. Hamdi, Muhammad. 2019. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (1998). Self-regulated learning: From teaching to self-reflective practice. Guilford Press.
Setiaman, Sobur. 2020. Merancang Kuesioner Untuk Penelitian. Modul Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Syarkawi, Ahmad. 2019. Teknik Relaksasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling.
Smit, K., de Brabander, et al. (2017). The self-regulation of motivation: Motivational strategies as mediator between motivational beliefs and engagement for learning. International Journal of Educational Research, 82, 124–134.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Kencana
Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1).