Efektivitas Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Hidayah Mangli

Authors

  • Umniyatul Hana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • H.B.A Jayawardana Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1858

Keywords:

Teknik Home Room, Kepekaan Sosial

Abstract

Home Room merupakan salah satu metode pembelajaran yang dimana suatu pertemuan dengan sekelompok siswa baik didalam kelas maupun di luar kelas pada saat diluar jam pelajaran untuk membicarakan bidang belajar, sosial, pribadi, dan karir. Berangkat dari tujuan utama, peneliti hendak menguji coba Efektivitas Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Kelas VIII di Mts Al-Hidayah Mangli dengan mengambil sampel siswa kelas VIII yang berlandaskan teknik penentuan dengan purposive sampling. Penelitian menggunakan desain penelitian quasi -experimental dengan bentuk time series design. Hasil data perbandingan kemudian dianalisa dengan menggunakan uji wilcoxon, yakni membandingkan antara data pretest dengan posttest 1 serta membandingkan hasil data pretest dengan posttest 2. Hasil uji wilcoxon pertama adalah Z- sebesar -2,232 dan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0 ,026. Kemudian hasil uji wilcoxon kedua adalah Z-score sebesar -2,338 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,017. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis nonparametric uji wilcoxon signed rank test pada kedua perbandingan data adalah Ha diterima, sebab hubungan kedua data menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari batas ambang 0,05 (perbandingan data menyatakan adanya perubahan/peningkatan secara signifikan).

 

References

Pertiwi, dkk. 2021. Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogja, vol 2, no. 2, hal 124-132.

Sapriya. 2019. Pendidikan IPS Psikologi Sosial. Bandung: Rosda.

Saputra, Y. 2018. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII DI SMP NEGERI 9 Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018, Skripsi, Uin Raden Intan

Sugiono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : C.V Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hana, U. ., Rahmawati, W. K., & Jayawardana, H. (2024). Efektivitas Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Hidayah Mangli. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(2), 174–181. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1858