Peneraran Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII SMPN Sukormbi Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1857Keywords:
Teknik krestrukturisasi kognitif, prokrastinasi akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi atau mengurangi perilaku prokrastinasi kademik yang dialami oleh siswa kelas VIII SMPN Sukorambi Jember. prokrastinasi adalah menunda dengan sengaja kegiatan yang diinginkan walaupun individu mengetahui bahwa perilaku penundaannya tersebut dapat menghasilkan dampak buruk. Oleh karena itu,penelitian ini ditujukan untuk meneliti apakah penerapan teknik restrukturisasi kognitif dapat membantu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMPN Sukorambi Jember. Metode analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest.
Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2732 dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,012. Dari hasilpengujian di atas, diketahui nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,279< 0,05 makadapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada penurunan tingkat prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMPN Sukorambi Jember setelah dilakukan konseling kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif.
References
Buku:
Freudenthal, H. (1991). Revisiting Physical Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh F. Arief. (1982). Surabaya: Usaha Nasional.
Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Physical Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.
Simposium, Prosiding, Konferensi:
Prahmana, R.C.I. (2013). Designing Division Operation Learning in The Physical of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, 391-398. Palembang: Sriwijaya University
Jurnal:
Stacey, K. (2010). The view of physical education literacy in Indonesia.
Journal on Physical Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24.
Buku terdiri dari beberapa artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.
Artikel dalam majalah:
Pitunov, B. (13 December 2002). Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan?. Majapahit Pos, pp. 4, 11.
Artikel dalam majalah (tanpa nama penulis):
Jawa Pos. (22 April 1995). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, page 3.
Dokumen Resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT. Armas Duta Jaya
Internet:
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm. (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996 Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan