Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X Smk Minqu Gumukmas Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1853Keywords:
Teknik Role Playing, Percaya DiriAbstract
Penelitian ini didasarkan fenomena yang terjadi pada kelas X SMK MINQU yang memiliki percaya diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing untuk meningkatkan percaya diri siswa. efektivitas teknik teknik role playing untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan design One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah yaitu terdapat 7 siswa. Instrumen yang digunakan berupa panduan yang sudah diuji ahli dan skala percaya diri yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Peneliti melakukan uji coba skala yang terdiri dari 40 butir pernyataan dan hasilnya 39 valid 1 tidak valid. Hasil analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS Versi 22.0 for Windows, diperoleh hasil angka 0,018 yang berarti kurang dari 0,025 artinya Ha diterima dan H0 ditolak menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikansi kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik role playing. Kesimpulannya yakni layanan teknik role playing untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X SMK MINQU Gumukmas Jember Tahun pelajaran 2022/2023.
References
Ach Syaifullah, (2010). Tips Bisa Percaya Diri, (Garailmu, Jogjakarta). Bambang, Statistik Penelitian, (Alfabeta, Bandung),
Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang,
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kemendikbud. (2014). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Nur Ghufron & Rini Risnawati S, (2012), Teori-teori Psikologi, (Jogjakarta: AR-RUZ Media), Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.