Pengaruh Teknik Self Instruction terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di Smpit Al-Ghozali Jember

Authors

  • Nova Nailal Munna Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Aswar Anas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Imaratul Ulwiyah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1850

Keywords:

Teknik Self Instruction, Konseling Kelompok, Kejenuhan Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik self instruction terhadap kejenuhan belajar siswa di SMPIT Al-Ghozali Jember. Pendekatan ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis true-experimental design dengan tipe pretest-posttest control groub design. Populasi adalah siswa kelas VIII di SMPIT Al-Ghozali Jember berjumlah 49 siswa. Metodologi memperoleh data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh teknik self instruction terhadap kejenuhan belajar siswa di SMPIT Al-Ghozali Jember. Hal ini dibuktikan hasil pretest dan posttest bahwa setelah pemberian treatment dengan teknik self instruction, siswa mengalami penurunan kejenuhan belajar. Hasil pretest kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata skor 188,7 sedangkan hasil skor posttest menunjukkan rata-rata skor 144,8 dengan selisih 42,4. Perubahan tersebut menunjukkan kejenuhan belajar yang awalnya tinggi menjadi sedang setelah diberikannya treatment dengan teknik self instruction. Adapun besaran Asymp. Sig. (2-tailed) ialah 0,018 < 0,025. Artinya terdapat perbedaan secara signifikan pada tingkat kejenuhan belajar diantara pretest dan posttest, sehingga hipotesis diterima, Kesimpulannya bahwa penggunaan teknik self instruction ada pengaruh terhadap kejenuhan belajar di SMPIT Al-Ghozali Jember.

References

Agustina, Poppy. Bahri, Syaiful. Bakar, Abu. 2019. Analisis Faktor Terjadinya Kejenuhan Belajar pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilimiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek.

Batam: Interaksara.

Hasanah, Uswatun. 2015. Konsep Gurunya Manusia dalam Prespektif Munif Chatib. Jurnal Elementary, 1(2).

Kartika, Marini. 2019. Penerapan Teknik Self Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Low Self Confidience Pada Pembelajaran Fisika Kelas VII A SMPN 4 Tellulimpoe Kab.Sinjai. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Khaira, Nia Alfi. 2018. Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Pencerahan, 12(2).

Makrufi, Anisa Dwi. 2017. Model Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multiple Intelligences Prespektif Munif Chotib. Jurnal Elementary, 5(1).

Restian, Arina. 2015. Psikologi Pendidikan, Teori & Aplikasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2019. Metode Peneitian Kuantitatif, Kualit atif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Munna, N. N., Anas, A., & Ulwiyah, I. (2024). Pengaruh Teknik Self Instruction terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di Smpit Al-Ghozali Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1850