Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Talk Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember

Authors

  • Mei Rosita Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Siti Fannatus Syamsiah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1849

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Self Talk, Motivasi Mengahafal Al-Qur’an

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal Al-Qur’an sangat diperlukan sebuah motivasi yang dapat menguatkan santri untuk terus semangat menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya, dan hal ini terjadi pada santri Pondok Pesantren Ibnu Katsir, yaitu semangat yang mulai menurun, sehingga setoran hafalan, capain harian, dan target hafalannya tidak sesuai, sehingga peneliti merasa perlu untuk menindak lanjuti permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi menghafalkan Al-Qur’an santri dengan wasilah metode self talk, adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design penelitian Pre-eksperimental One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasantri angkatan 8 Ibnu Katsir Jember dengan sampel sebanyak 19 santri. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah: Terdapat pengaruh layanan bimbingan dengan teknik self talk terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an santri Ibnu Katsir 2 Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai rerata pretes yakni 127,5 dan nilai rerata posttest yakni 155,6 serta selisihnya 44,8. Diketahui nilai Z adalah -2,201, dihasilkan besaran Asymp. Sig. (2-tailed)nya 0,028 dibawah dari 0,05 maka kesimpulannya ada beda nilai terhadap Motivasi menghafal Alquransiswa dilihat dari nilai pretest dan posttest (hipotesis kerja diterima). maka bisa diartikan bahwa ada pengaruh bimbingan dengan metode self talk terhadap motivasi menghafalkan Al-Qur’an santri.

References

Badrussalam, Abu Yahya. (2013). Hakikat dan Fadhilah Tadabur Al-Quran. Bekasi: Naashirussunnah.

Departemen Agama RI. (2020). Mushaf Al Kamil Al Qur’an dan Terjemahanya.

Jakarta: CV Darus Sunnah

Faza, wilda & kustanti, erin ratna. (2018). Jurnal Empati, Vol. 7 No. 1.

Fitriana, Yola. (2017). Skripsi Pengaruh Bimbingan Konseling dan Lingkungan

Irawan, Edy. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan dan konseling “PSIKOPEDAGOGIA” Vol.II, No.I. Kementrian Agama RI, (2017). Mushaf Ar-Rozzaq (Bandung: CV Mikraj Khazana

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).

Jakarta Ghalia indonsia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Nur. (2020). Penerapan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Jurnal ilmu Pendidikan dasar, Vol. 2, No. (1).

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Rosita, M., Syamsiah, S. F., & Sukmawati, B. (2024). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Talk Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1849