Pengaruh Teknik Motivational Interviewing terhadap Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul

Authors

  • Hajar Azizatul Ulya Hartiningrum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • H.B.A Jayawardana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1848

Keywords:

Teknik Motivational Interviewing, motivasi belajar

Abstract

Hajar Azizatul Ulya. 2023. Pengaruh Teknik Motivational Interviewing Terhadap Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di Muhammadiyan Boarding School Tanggul. Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember. Pembimbing: (I) HBA. Jaya Wardhana, M.Si dan (II) Bhennita Sukmawati, M.Psi

Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik motivational interviewing terhadap motivasi belajar menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII Muhammadiyah Boarding School Tanggul dengan sampel sebanyak 6 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian yakni : Ada pengaruh layanan teknik motivational interviewing terhadap motivasi belajar menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII. Diketahui bahwa nilai Z adalah -2,207, dihasilkan besaran Asymp. Sig. (2-tailed)nya 0,027 dibawah dari 0,05 maka kesimpulannya ada peningkatan motivasi siswa, dengan hasil perhitungan tersebut bahwa layananan teknik motivational interviewing bepengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul.

References

Desi, 2020, Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu, Tembilahan : STAI Auliaurrasyidin.

Dewi, Indra Ratna, 2020, Keefektifan Teknik Motivational Interviewing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pesrta Didik Kelas XI SMK PGRI 1, Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Diananda, Amita, 2018, Psikologi Remaja Dan Permasalahannya, Tangerang : Journal STIT Islamic Village

Erford, Bradley T, 2020. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Fathoni, Imam, 2021,Peningkatan Belajar Menghafal Al-Quran Santri dengan Hypoterapi Study di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri Ringanigung. Jombang : Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.

Keswara, Indra, 2017, Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Quran (menghafal Al-Quran) di Pondok Pesantren Al Husain. Magelang : Universitas Negeri Yogyakarta

Nisa, Khoirun dkk, 2021, Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Quran dengan Metode One Day One Ayat di SMP Islam Mbah Bolong Jombang, Jombang : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Sugiono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : C.V Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hartiningrum, H. A. U., Jayawardana, H., Sukmawati, B., & Ulfa, N. M. (2024). Pengaruh Teknik Motivational Interviewing terhadap Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(2), 112–119. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1848