Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKIT Ibnu Katsir Jember

Authors

  • Hanifah Binti Khoirul Hadi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1846

Keywords:

Teknik Modeling Simbolis, Motivasi Berwirausaha

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan motivasi berwirausaha siswa kelas XI di SMKIT Ibnu Katsir Jember. Pendekatan penilitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design pola one group pre-test post-test. Populasi adalah siswa kelas XI SMKIT Ibnu Katsir Jember berjumlah 22 siswa dengan sampel 7 siswa. Metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Sebelum disebarkan, angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMKIT Ibnu Katsir Jember. Hal ini dibuktikan pada hasil pretes dan posttes bahwa setelah pemberian treatment, siswa mengalami peningkatan motivasi berwirausaha. Pada pretest diperoleh total skor rata-rata 83,2 dan total skor posttest rata-rata 143,4. Selisih antara total skor pretest dan posttest sebesar rata-rata 59,7. Pada analisis data, didapatkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada hipotesis diterima.

References

Alma, Buchari. 2018. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta

Erford, Bradley T. 2017.40 Teknik yang harus diketahui setiap Konselor Edisi Kedua. Celeban Timur: Pustaka Belajar

Fahlia,F.,&Mulyani,E.2018.Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pendidikan Ekonomi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 15 No.2, Hlm.204-211

Kristiawan, M., Maryanti, N., & Fitria, H. 2019. Membangun karakter peserta didik melalui green school di SMK Negeri 2 Muara Enim. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), Vol.4 No.2, Hlm.210-217

Siregar,Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung : Alfabeta Syifa, N. F. 2020.Upaya Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Melalui Layanan Bimbingan

Kelompok Dengan Teknik Modeling. Didaktikum, Vol.20 No.2

Vemmy, C.2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi,Vol. 2 No.1.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hadi, H. B. K., Suharmawan, W., & Romika Mawaddati, I. (2024). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKIT Ibnu Katsir Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(2), 104–111. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i2.1846