Efektifitas Teknik Cinema Education Untuk Meningkatkan Sikap Asertif Mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1641Keywords:
Teknik Cinema Education, Sikap AsertifAbstract
Penelitian ini membahas tentang efektifitas teknik cinema education untuk meningkatka n sikap asertif mahasantri di pondok pesantren ibnu katsir 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasantri angkatan 8 pondok pesantren ibnu katsir 2 Jember dengan sampel sebanyak 12 mahasantri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview, kuesioner. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : terdapat efektifitas teknik cinema education untuk meningkatkan sikap asertif mahasantri di pondok pesantren ibnu katsir 2 Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik cinema education selama 4 kali intervensi terdapat hasil perhitungan rata-rata pada skor pretest dan posttest mengalami peningkatan sikap asertif mahasantri. Pada pretest diperoleh skor rata-rata 120,1 dan skor rata-rata pada posttest pertama adalah 123,9 dengan selisih 3,8 poin skor, posttest kedua 130 dengan selisih 6,1 poin skor, posttest ketiga 138,9 dengan selisih 8,9 poin skor dan posttest terakhir 145,3 dengan selisih 6,4 poin skor. Dan didapatkan pada analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan ada perbedaan tingkat pada sikap asertif mahasantri yang signifikan untuk pretest dan posttest (hipotesis diterima). Dapat disimpulkan bahwa ada efektifitas teknik cinema education untuk meningkatkan sikap asertif mahasantri di pondok pesantren ibnu katsir 2 Jember
References
Ahmad, H, dkk. (2019). Pengaruh Teknik Vidio Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Realita. 4(7)
Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen : Disertai Contoh Judul Penelitian dan Proposal. Malang : Bayumedia Publishing
Ampuno, S. (2020). Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam. Jurnal of Behaviour and Mental Health. 1 (1) : 18-27
Anfajaya, M.A & Indrawati, E.S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa. Jurnal Empati. 5 (3)
Apriliany, L & Hermiati. (2021). Peran Media Film Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Jurnal.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta,
Astuti D.W, & Muslikah. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling. 5 (2) : 168-
Budiarti, RI. 2018. Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi
Di Ruang Menur Dan Dahlia RSUD dr. R. Goetheng Taroenadibrata Purbalingga. Skripsi.
Fauzi, I & Setyawati, SR. (2021). Sinema Edukasi Untuk Memperkuat Perilaku Sopan Santun Siswa. Jurnal.
Hasanah, dkk. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Jurnal bimbingan dan konseling. 4 (1).
Hayati. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kepasifan Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Dharmasraya. Skripsi
Hidayah, N. (2014). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 21 (2)
Husna, S, dkk. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (1) : 1370-1377
Illahi, M. (2019). Efektifitas Teknik Cinema Education Dalam Meningkatkan Minat Baca Al- qur’an Pada Anak Di Tempat Pendidikan Al-qur’an (TPA) Al-muchsinin Desa Mulyorejo Kecamatan Sukamaju Sselatan Kabupaten Luwu Utara. Skripsi.
Khairani, A, dkk. (2017). Pelaksanaan Teknik Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling. 2 (3) : 65-72
Lestari. (2021). Peran Orang tua dalam menanamkan sikap asertif terhadap anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan anak usia dini. 4 (1).
Muhsinin, A. (2018). Hubungan Konsep Diri dan Perilaku Asertif Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMP “X” Malang. Skripsi.
Noerrahman, M.R.B & Arofah, L. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK MUHAMMADIYAH 1 Kediri Melalui Sinema Edukasi. Jurnal.
Nuha, I.S. (2014). Hubungan Perilaku Bullying dengan Perilaku Asertif pada Santriwati. Jurnal.
-1.
Porpitasari, D.M. (2007). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Hubungan Interpersonal Pada Siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar. Skripsi.
Reskiani, E. (2021). Pengaruh Self Esteem Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa di Kota Makassar. Skripsi.
Sakawuni & Silondae, D.P. Factor-faktor Yang Memengaruhi Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bening. 6 (1).
Sofiana, IA. (2017). Pengaruh Media Film dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran SKI di MIN 10 Bandar Lampung. Skripsi.
Solikhatin & Lubis. (2021). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Harga Diri. Jurnal Ilmiah Psikologi. 9 (3): 535-547.
Sriyanto, Dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. 41(01).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Syahbana, BA. (2011). Meningkatkan Kemampuan Asertif Melalui Layanan Penguasaan Konten
Dengan Metode Diskusi Kelompok Dan Bermain Peran Pada Siswa Kelas XII Bahasa SMAN 1 Unggaran Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi.
Tatus, M.A. (2018). Kemampuan Berperilaku Aserif Mahasiswa Manggarai. Skripsi.
Terry, A.A. (2020). Penerapan Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. 2020. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 75-82.
Trianto, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta : Graha