Efektivitas Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK Minqothroul Ulum Gumukmas Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1640Keywords:
Reframing, kemampuan berpikir positif, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas Teknik Reframing Dalam Meningktkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK MIN-QU. Jenis Penelitian ini Pretest – Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa,10 orang siswa kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa kelas X B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir positif siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik reframing.teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling.instrumen yang digunakan berupa panduan yang sudah diuji skala yang terdiri dari 60 item.hasil analisis data menggunakan uji realibilitas Hasil pengujian reliabilitas instrumen diatas menunjukkan nilai cronbach alpha sebesar 0,796 diinterpretasikan pada rentang 0.60 < r ? 0,799 yang artinya data tersebut berada dalam kategori reliabilitas kuat.
References
Abraham, A. (2004). Membangun Kepribadian dengan Berpikir Positif. Surabaya: Diaglossia Media.
Albrecht, Karl. 1992). Daya Pikir Metode Peningkatan Potensi Berpikir. Terjemahan. Semarang: Dahara Prize
Andrea, Michael. (2011). Kekuatan Super Dahsyat Berpikir Positif. Yogyakarta: Pinang Merah Andrea,. (2011). Kekuatan Super Dahsyat Berpikir Positif. Yogyakarta: Pinang Merah
Arifin, Yanuar. (2010). 100% Bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakart DIVA Press.
Arifin, Yanuar. (2011). 100% Bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakarta: DIVA Press.
Arikonto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aziz, Abdul. (2010). Aktivasi Berpikir Positif. Jogjakarta: Buku Biru
Cornier, Sherry and Nurius, Paula S. (2003). Interviewing and Change Strategies for Helpers. California: Thomson Brook.
Cornier, W. H dan Cornier, L.S. (1985). Interviewing Strategis for Helpers Fundamental Skill of Cognitive Behavioral Intention. Monterey. California: Publishing Company
Darminto, Eko. (2007). Teori-Teori Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
El-Bahdal. (2010). Kekuatan Berpikir Positif. Jakarta: PT. Wahyu Media. Media. Elfiky
Ibrahim. (2012). Terapi Berpikir Positif. Jogjakarta: Media Baca
Froggatt, W. (2009). A Brief Introduction To Rational Emotive Behavior Therapy (3 edition), New Zealand Centre for Cognitive Behavior Therapy.
Goldman, C.R dan Horne, A.J. (1991). Liminology. New York: MC. Graw Hill Najati,
Muhammad Utsman. (2005). Psikologi Nabi. Bandung: Pustaka Hidayah.
Quilliam, S. (2007). Positive Thinking: Essential Managers. United States: DK Publishi