Efektivitas Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK Minqothroul Ulum Gumukmas Jember

Authors

  • Vina Sa’adah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Imaratul Ulwiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1640

Keywords:

Reframing, kemampuan berpikir positif, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas Teknik Reframing Dalam Meningktkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK MIN-QU. Jenis Penelitian ini Pretest – Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa,10 orang siswa kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa kelas X B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir positif siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik reframing.teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling.instrumen yang digunakan berupa panduan yang sudah diuji skala yang terdiri dari 60 item.hasil analisis data menggunakan uji realibilitas Hasil pengujian reliabilitas instrumen diatas menunjukkan nilai cronbach alpha sebesar 0,796 diinterpretasikan pada rentang 0.60 < r ? 0,799 yang artinya data tersebut berada dalam kategori reliabilitas kuat.

References

Abraham, A. (2004). Membangun Kepribadian dengan Berpikir Positif. Surabaya: Diaglossia Media.

Albrecht, Karl. 1992). Daya Pikir Metode Peningkatan Potensi Berpikir. Terjemahan. Semarang: Dahara Prize

Andrea, Michael. (2011). Kekuatan Super Dahsyat Berpikir Positif. Yogyakarta: Pinang Merah Andrea,. (2011). Kekuatan Super Dahsyat Berpikir Positif. Yogyakarta: Pinang Merah

Arifin, Yanuar. (2010). 100% Bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakart DIVA Press.

Arifin, Yanuar. (2011). 100% Bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakarta: DIVA Press.

Arikonto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aziz, Abdul. (2010). Aktivasi Berpikir Positif. Jogjakarta: Buku Biru

Cornier, Sherry and Nurius, Paula S. (2003). Interviewing and Change Strategies for Helpers. California: Thomson Brook.

Cornier, W. H dan Cornier, L.S. (1985). Interviewing Strategis for Helpers Fundamental Skill of Cognitive Behavioral Intention. Monterey. California: Publishing Company

Darminto, Eko. (2007). Teori-Teori Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

El-Bahdal. (2010). Kekuatan Berpikir Positif. Jakarta: PT. Wahyu Media. Media. Elfiky

Ibrahim. (2012). Terapi Berpikir Positif. Jogjakarta: Media Baca

Froggatt, W. (2009). A Brief Introduction To Rational Emotive Behavior Therapy (3 edition), New Zealand Centre for Cognitive Behavior Therapy.

Goldman, C.R dan Horne, A.J. (1991). Liminology. New York: MC. Graw Hill Najati,

Muhammad Utsman. (2005). Psikologi Nabi. Bandung: Pustaka Hidayah.

Quilliam, S. (2007). Positive Thinking: Essential Managers. United States: DK Publishi

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Saadah, V., Rahmawati, W. K., Ulwiyah, I., & Ulfa, N. M. (2024). Efektivitas Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK Minqothroul Ulum Gumukmas Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(1), 83–88. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1640