Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas XI (TKJ) di SMK Negeri 5 Jember

Authors

  • Intan Asti Nuriya Juwardani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nasruliyah Hikmatul Magfiroh Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mudafiatun Isriyah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1638

Keywords:

Teknik Relaksasi Otot Progresif, Kejenuhan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Siswa kelas XI TKJ di Smk Negeri 5 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XI TKJ Jember dengan sampel sebanyak 11 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan, wawancara, dan kuesioner. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Terdapat Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Siswa kelas XI TKJ di Smk Negeri 5 Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik relaksasi otot progresif terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pre-test dan post-test mengalami pengurangan pada tingkat kecemasan siswa. Pada pre-test diperoleh skor rata-rata 88,8 dan skor rata-rata pada post-test 63,1 dan didapatkan selisih antara skor pre-test dan post-test sebesar 25,7. Dan didapatkan pada anilisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar ,003 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada tingkat kejenuhan belajar pada siswa yang signifikan untuk pre-test dan post-test (hipotesis diterima), dengan hasil perhitungan tersebut Dapat disimpukan bahwa efektif pada teknik relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Siswa kelas XI TKJ di Smk Negeri 5 Jember.

References

Ashar, A. (2020). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Ma An-Nur Nusa, Kecamatan. Kahu, Kabupaten. Bone (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai).

Dwitama, T. R. (2021). Efektifitas Teknik Relaksasi Otot Untuk Membantu Siswa Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di Sma N 1 Sewon. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 17-25.

Djaali dan Muljono, Pudji. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 42-49.

Khusumawati, Z. E. (2017). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self- Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Lubis, W. A. (2019). Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Dengan Teknik Modeling Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas Xi Sma Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation).

Maisa, M. N. (2022). Aplikasi Teknik Relaksasi Otot Progresif Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Remaja (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Maghfiroh, NH (2015). Efektivitas Terapi Relaksasi Meditasi dalam Menurunkan Tingkat Stres. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi , 11 (1).

Mubarok, M. I. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 143-154.

Mujiatun, M. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Dalam Teknik Relaksasi Religius Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mukhran, D. R. A., Faradina, S., Sari, K., Afriani, A., & Amna, Z. (2021). Pengaruh Relaksasi Otot Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2), 185-203.

Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(7).

Ningsih, L. K., & Djumali, M. P. (2020). Kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 siswa smta di Kedungwungu Indramayu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahmatiah, S. (2022). Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar).

Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Roihana, S. (2020). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kejenuhan Siswa Di Sekolahmenengah Atas Negeri I Rimba Melintang (Doctoral Dissertation,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rukmala, D. (2022). Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba.

Sugiyono.2015a. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv

Zuhra, F. F. (2021). Hubungan Burn-out Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Lembah Seulawah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Juwardani, I. A. N. ., Magfiroh , N. H. ., & Isriyah, M. . (2024). Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas XI (TKJ) di SMK Negeri 5 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1638