Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Asertif Training Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI di SMK IT Ibnu Katsir Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1637Keywords:
Layanan bimbingan kelompok, Teknik asertif training, Kepercayaan diriAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif training terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI di SMK IT Ibnu Katsir Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI di SMK IT Ibnu Katsir Jember dengan sampel sebanyak 7 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil dari penelitian ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik asertif training terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretest dan posttest mengalami peningkatan terhadap kepercayaan diri siswa. Pada pretest diperoleh skor rata-rata 11,1 dan skor rata-rata pada posttest 28,9 dan didapatkan selisih antara skor pretest dan posttest sebesar 17,7. Dan didapatkan pada anilisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Test nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,018 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada tingkat kepercayaan diri siswa kelas XI yang signifikan untuk pretest dan postest dengan demikian hipotesis kerja (Ha) diterima, dengan hasil perhitungan tersebut dapat disimpukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif training terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI di SMKIT Ibnu Katsir Jember.
References
Mayangsari, Nurhasanah, Nurbaity. (2019). Efektivitas Pendekatan Gestalt Dengan Teknik Paradoxical Intervention Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Volume 4, No 2. Hal 82-83
Munita, Supriyanto, Antara. (2020). Pendekatan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 TRUMON TIMUR Tahun Pelajaran 2020/2021. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Nur, Sutomo. (2022). Penerapan Teknik Asertif training Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Didepan Kelas. Journal of Indonesian Teachers for Social Science and Humanities. Volume 1, No 2. Hal 52-53
Rasadi. (2018). Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Berprestasi Belajar Rendah (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Safitri, Widiastuti, Andriyanto. (2019). Meningkatkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Asertif training Pada Siswa. Lampung: Universitas Lampung.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : C.V Alfabeta.
Wahyuni. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. Volume 1, No 4.
Widjaya. (2017). Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.