Penerapan Teknik Shaping dalam Konseling Behavioristik Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ibnu Katsir 2 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1636Keywords:
Teknik Shaping, Perilaku Prokrastinasi Akademik.Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan teknik shaping dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik mahasantri Ibnu Katsir 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasantri angakatan 2020 di Ibnu Katsir 2 Jember dengan sampel sebanyak 7 mahasantri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Sebelum angket disebarkan terlebih dahulu diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Teknik shaping dapat diterapkan untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik mahasantri Ibnu Katsir 2 Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik shaping terdapat hasil perhitungan rata- rata pada saat pretest dan posttest mengalami penurunan tingkat perilaku prokrastinasi akademik mahasantri. Pada pretest diperoleh skor rata- rata 206,28 dan skor rata- rata pada posttest sebesar 182,14 dan diperoleh selisih antara skor prestest dan posttest sebesar 24,14. Dan didapatkan pada analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Test nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,018 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada tingkat perilaku prokrastinasi akademik mahasantri yang signifikan untuk pretest dan posttest (hipotesis diterima), dengan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik shaping dapat diterapkan untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik mahasantri Ibnu Katsir 2 Jember.
References
Abdullah, Ma’ruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Alimbudiono, Ria Sandra. Sudjianto, Prilly Michelle. (2021). Dampak Prokrastinasi Akademik Pada Ipk Mahasiswa Akuntansi Universitas Surabaya. Surabaya: CV. Mitra Abisatya.
Amin, S. M. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Burka, J. B. Yuen, L. M. (2008). Procrastination Why You Do It. What To Do About It.Camridge: Da Capo Press.
Corey, Gerald. (2005). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktik Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama. Djamarah, S. B. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Erfantinni dkk. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan dan Konseling 5 (2).
Ernawati, Elly. Sumawarto, Vitalis Djarot. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Melalui Teknik Shaping Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barat Kabupaten Magetan. Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (1).
Fandini, Puspa dkk. (2018). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Dalam Menumbuhkan Karakter Disipln Siswa Di Sma Pgri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An- Nur 4 (1).
Fauziah, Hana Hanifah. (2015). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2).
Ferrari, J. R, Jhonson, J. L, McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press.
Gantina dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Ghufron, M. Nur. & Risnawita. (2010). Teori- teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Ghufron, M. Nur. & Risnawita. (2014). Teori- teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Haris, Abdul dkk. (2018). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Mereduksi Perilaku
Hartati, Aluh dkk. (2018). Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Belajar Siswa. Jurnal Realita 3 (5).
Heriansyah, Masnurrima. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Kognitif Behavioral Untuk Meningkatkan Kesadaran Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2).
Jannah, Miftahul. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA 4 (3).
Jatikusumo, Michael Rio. (2018). Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.Skripsi Komalasari dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Kurnanto, M. Edi. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Laia, B dkk. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas.
Latipun. (2008). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Mardhiyyah, Rahmah Winnit. Indriani, Firawati. (2018). Pendekatan Konseling Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Pada Siswa SMA. Fokus 1 (4).
Martin, G. & Pear, J. (2010). Behavior Modification: What It Is and How To Do It. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Masfufah, Ulfa. (2012). Pengaruh Konseling Kelompok Terhdap Penyesuaian Sosial Pada Mahasantri Baru Ma’had Sunan Ampel Al- Ali Malang. Undergraduet Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Miltenberger, R. G. (2004). Behavior Modification. Florida: Thomson Wadsworth Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification Principles and Procedures. Wadsworth: Cengage Learning.
Muyana, Siti. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling 8 (1).
Natawidjaja, Rochman. (2009). Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.
Oematan, Christinalia Selvy. (2013). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi-Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah, 2 (1).
Praptiana, Rahayu. Rozikan, Muhammad. (2014). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK Perintis 29 Ungaran Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling 1 (1).