Penerapan Teknik Relaksasi Attention Focussing Exercise Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa MAN 1 Program Keagamaan Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1635Keywords:
Teknik Relaksasi, Stres AkademikAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan teknik relaksasi attention focusing excercises untuk mengurangi stres akademik siswa MAN 1 (proram keagamaan) Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 (Pendidikan keagamaan) Jember dengan sampel sebanyak 10 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan, kuesioner, rubrik penilaian analitik,observasi, dan wawancara. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Terdapat pengaruh penerapan teknik relaksasi attention focusing excercises untuk mengurangi stres akademik siswa MAN 1 (Program Keagamaan) Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik relaksasi selama 4 kali intervensi terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretest dan posttest mengalami pengurangan tingkat stres akademik siswa. Pada pretest diperoleh skor rata-rata 149 dan skor rata-rata pada posttest pertama adalah 143 dengan selisih 6 poin skor, postest kedua 135 dengan selisih 8 poin skor, posttest ketiga 124 dengan selisih 11 poin skor, dan postest terakhir 115 dengan selisih 9 poin skor. Dan didapatkan pada anilisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar .005 yang berarti lebih kecil daripada 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan tingkat stres akademik siswa yang signifikan untuk pretest dan posttest (hipotesis diterima). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa teknik relaksasi attention focusing bahwa ada perbedaan pada tingkat stres mahasiswa tingkat akhir yang signifikan
References
Aryani, F. (2016).Stres Belajar Suatu Pendekatan Dan Intervensi Konseling". Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling 2, 41-48. 2016. Penerbit: Edukasi Mitra Grafika.
Anderson, Scarvia B, et.al and Associates. 2017. Validitas Konstruk (contruct validity) Dan Uji Reabilitas Instrumen.California: Jossey-Bass, Inc. Publisher.
Ayani.2015.Rumus Alpha’s Cronbach Dalam Uji Reabilitas Instrumen Penelitian. Jurnal Publication 16.
Barseli, Mufadhal, Dkk. 2018. Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Padang. Vol. 4, No. 1
Fauziah, F., & Widuri, J. (2007). Psikologi Klinis Abnormal Dewasa. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press)
Juliawati, Dosi, Dkk. 2019. Efektivitas Relaksasi Teknik Meditasi Untuk Membantu Siswa Mengatasi Stres Sebelum Menghadapi Ujian Nasional. Padang. Vol. 2, No. 1
Jumiati. 2018. Mengatasi Stres Belajar Dengan Teknik Relaksasi Melalui Layanan Konseling Individual Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2017/2018. Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kamiliyah, Hikmatul, Dan Lin Ervina. 2015. Perbedaan Kemandirian Remaja Yang Tinggal Di Pesantren Dengan Remaja Yang Tinggal Di Rumah. Jember. Vol, 11, No. 1.
Kustanti , Erviana, Dan Arif Widodo. 2008. Pengaruh Teknik Relaksasi Terhadap Perubahan Status Mental Klien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Surakarta. Vol. 1, No. 3
Maghfiroh, Nasruliyah Hikmatul. 2010. Efektifitas Terapi Relaksasi Meditasi Dalam Menurunkan Tingkat Stress. Thesis Non Peer Reviewed Book. E-print Universitas Muhamadiyah Malang.
Maramis, W. F., & Maramis, A. A. (2009). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa Edisi 2. Airlangga University Press.
Ningsih, Fitriyah. 2016. Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar. Yogyakarta.
Papalia, D. E. (2008). Dkk.(2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta.
Perry, A. G., & Potter, P. A. (2010). Mosby's Pocket Guide To Nursing Skills And Procedures-E-Book. Elsevier Health Sciences.
Priyoto, W. (2014). Kebutuhan Dasar Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saam, Z., & Wahyuni, S. (2014). Psikologi Keperawatan. Cetakan Ke-3.
Sarastika, P. (2014). Buku Pintar Tampil Percaya Diri; Rahasia Sukses Tampil Percaya Diri Di Segala Situasi. Yogyakarta: Araska.
Sari, G. R., & Subandi, S. (2015). Akulturasi Psikologis Para Self-Initiated Expatriate. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 1(1), 3-29.
Selye, H. (2015). Person-Centered Communication And Stress: The Eighth C—Calmness. Person-Centered Communication With Older Adults: The Professional Provider's Guide, 109.
Shuster, W. D., Bonta, J., Thurston, H., Warnemuende, E., & Smith, D. R. (2005). Impacts Of Impervious Surface On Watershed Hydrology: A Review. Urban Water Journal, 2(4), 263-275.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung; C. V. Alfabeta
Suyono. 2016. Keefektifan Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5 (2).
Sudaryono.2016.Uji Reabilitas Terhadap Instrmen Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Tsitsi, T., Charalambous, A., Papastavrou, E., & Raftopoulos, V. (2017). Effectiveness Of A Relaxation Intervention (Progressive Muscle Relaxation And Guided Imagery Techniques) To Reduce Anxiety And Improve Mood Of Parents Of Hospitalized Children With Malignancies: A Randomized Controlled Trial In Republic Of Cyprus And Greece. European Journal Of Oncology Nursing, 26, 9-18.
Wangsa, A. A. (2010). Penataan Kawasan Wisata Pantai Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Yuliawati, Dosi. 2019. Efektivitas Relaksasi Teknik Meditasi Untuk Membantu Siswa Mengatasi Stres Sebelum Menghadapi Ujian Nasional. Kerinci
Zami, V. (2021). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang Selama Pandemi Covid-19. Socio Humanus, 3(3), 265-271.