Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMPN Sukorambi Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1634Keywords:
Bimbingan Kelompok, Self Management, KedisiplinanAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas IX SMPN 01 Sukorambi Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 01 Sukorambi Jember dengan sampel sebanyak 8 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pr-etset post-test. Hasil penelitian adalah: Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap peningkatan kedisilinan siswa kelas IX SMPN 01 Sukorambi Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik self management terdapat hasil perhitungan skor rata-rata pada saat pre-test dan post-test mengalami peningkatan terhadap kedisiplinan siswa. Pada pre-test diperoleh skor rata-rata 46,2 % dan pada post-test diperoleh skor rata-rata 63 % sehingga didapatkan selisih antara skor pre-test dan post-test sebesar 57,5 %. Berdasarkan hasil pengujian uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar - 2,527 dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,012. Dari hasil pengujian di atas, diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012, nilai tersebut lebih kecil dari 0,25 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya ada perbedaan skor antara rata-rata skor angket pre-test dan post-test. Jadi bimbingan kelompok dengan teknik self management berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas IX SMPN Sukorambi Jember.
References
Anita, F.M. (2018). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Jurnal bimbingan dan konseling. Vol 4 No 1
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Jihad, Asep dkk. (2010). Pendidikan Karakter Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
KBBI daring, accessed 25 September (2022), https://kbbi.web.id/disiplin
Kurniati, R. (2019). Efektivitas pendekatan cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Self Management untuk mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihan pada perserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Rdaen Intan Lampung
Pratiwi, S.I. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April Hal 2
Purwanti, L.N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Rusmana, Nandang. (2019). Bimbingan dan konseling kelompok di sekolah. Bandung:Rizqi Press
Simbolon, Jamilin. (2020). “Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa”. Jurnal teknologi Pendidikan, Vol. 13, No. 1, e-ISSN: 2407-7434
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.