Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Minqothroul Ulum Gumukmas Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1632Keywords:
Diskusi Kelompok, Penyesuaian Diri, SMPAbstract
Penelitian ini didasarkan fenomena yang terjadi pada kelas VIII SMP Minqothrotul Ulum yang memiliki penyesuaian diri rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan design One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah yaitu terdapat 7 siswa. Instrumen yang digunakan berupa panduan yang sudah diuji ahli dan skala penyesuaian diri yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Peneliti melakukan uji coba skala yang terdiri dari 50 butir pernyataan dan hasilnya 42 valid 8 tidak valid. Hasil analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS Versi 22.0 for Windows, diperoleh hasil angka 0,018 yang berarti kurang dari 0,025 artinya Ha diterima dan H0 ditolak menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikansi penyesuaian diri sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik diskusi. Kesimpulannya yakni layanan teknik diskusi kelompok efektiv untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VIII SMP Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember Tahun pelajaran 2022/2023.
References
Aini, et al. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa”. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ariati, P. (2021). Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Muaro Jambi: Universitas Batanghari Jambi.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya. Husna, N. N. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan
Terhadap Penyesuaian Diri Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Lidya, S. F., & Darmayanti, N. (2015). Self-efficacy akademik dan penyesuaian diri siswa Kelas X SMA Patra Nusa. Jurnal Diversita, 1(1).
Nurcahya, A. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Penyesuaian Diri Masyarakat Baduy Mualaf (Studi Kasus di Kampung Gunung Campaka, Desa Lebak Parahiang, Kecamatan Leuwidamar, Lebak-Banten). Doctoral Dissertation, UIN SMH Banten.
Puspita, D. A., & Ratnaningsih, I. Z. (2015). Komunikasi Interpersonal Atasan-bawahan Dan Penyesuaian Diri Pada Cpns Dari Jalur Ikatan Dinas Di Pemprov Jateng. Jurnal Empati, 4(4), 340–346.
Putri, R. C. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di Smp Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Winkel dan Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran kemandirian dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa asrama tahun pertama SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 232–243.