Efektivitas Model Experiental Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Siliragung
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1631Keywords:
Experiental learning, Kecerdasan emosional, Peserta didikAbstract
Penyesuaian emosi dan sosial bagi peserta didik sangat dibutuhkan saat berinteraksi dengan lingkungan di sekolah. Penyesuaian emosi peserta didik yang efektif akan memberikan dampak positif terhadap penerimaan peserta didik dalam kelompoknya. Tujuan dari peneltitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model Experiental Learning untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Muhammadiyah 5 Siliragung. Peneltiian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian The time series design. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2023-2024 Genap. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII 3 yang berujumlah 24 peserta didik yang termasuk kedalam kategori kecerdasan emosional kurang dan cukup. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik kuisioner, dan teknik dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiental Learning efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP 05 Muhammadiyah Siliragung.
References
Alokafani, Y., & Muhsam, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 308-313.
Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-9.
Ariani, R., & Fitriani, F. (2018). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Peka, 6(2), 104-109.
Asmahasanah, S., Aisya, T. N., & Kosim, A. M. (2023). Studi Deskriptif Efektivitas Pembelajaran Model Experiential Learning Pada Pembelajaran IPA KELAS III SDN Cibinong. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Febriani, L., Wahyuni, E., Mizawati, A., Sholihat, S., & Mariati, M. (2022). Pengaruh Air Hijau Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu Tahun 2021 (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
Heryani, R. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sman Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 8(1), 282-292.
Hikmah, N., Afif, N., & Ayuningrum, D. (2022). Experiential Learning Pada Model Pembelajaran Ta’lim Yaumiyah Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Kusuma, F. A. L., Susanto, A., & Nurcahyo, H. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Daya Tarik Interpesona dengan Kepuasan Pelayanan Obat di Apotek Goge Farma. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).
Laili, R. N., & Nisak, Z. H. (2022). Peningkatan Self-Leadership Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Experiential Learning. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 63-71. Napitupulu, C. A. (2020). Pembelajaran Eksperiental (Eksperiental Learning): Menanamkan Kepercayaan Diri Sebagai Salah Satu Karakter Wirausaha Pada Mahasiswa Calon GuruPaud.
Nurhayati, N., & Indah, S. (2020). Efektivitas Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Marah. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 34-44.
Rusli, N. F. K., & Mirawati, M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidi kan, 1(1), 89-95.
Nurhayati, N., & Indah, S. (2020). Efektivitas Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Marah. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 34-44.
Rusli, N. F. K., & Mirawati, M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1)