Stres Akademik dan Kemandirian Belajar Terhadap Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam di Masa Pandemi Covid -19

Authors

  • Nurul Mar’atu Diniyah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Nasichah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Popon Siti Wulandari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1630

Keywords:

Kemandirian Belajar, Setres akademik, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kaitan antara stres akademik dan Kemandirian belajar mahasiswa dengan subjective well-being pada mahasiswa, khususnya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dalam pembelajaran daring di tengah Covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dengan analisa statistic korelasional. Sebanyak 347 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan memberikan gambaran tentang kemandirian belajar mahasiswa selama melaksanakan perkuliahan daring pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Penyuluhan islam, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan, bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara stress akademik dan Kemandirian Belajar dengan subjective well-being dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,555 dan -0,226. Artinya, semakin rendah stress akademik maka subjective well-being semakin tinggi dan semakin tinggi skor kemandirian belajar yang artinya rendahnya kemandirian belajar mendorong rendahnya subjective well-being pada mahasiswa, begitu pula sebaliknya. Pada penelitian selanjutnya diharapkan meneliti variabel lain seperti resiliensi dan motivasi untuk melihat kondisi mahasiswa setelah wabah virus Covid-19 berkurang. Oleh karena itu, pembelajaran daring yang dilaksanakan perlu diperbaiki untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.

References

Setiawardhani, Ratna Tiharita, (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreatifitas Belajar Siswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah pendidikan Ekonomi. Vol.1 No.2, Hal. 82- 96

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stress akademik mahasiswa selama pandemic Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 8

Setiawan, Akbar Pandu, Masruri, Laili.,Trastianingtum, Sekar Ayu Panca.,Purwandari, Eni. 2021. Efek Metode Pembelajaran Daring (Pembelajaran Jarak Jauh) Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar da Mahasiswa. Proyeksi. Vol.16 No.1 Hal. 83-91.

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106-125. Diunduh dari https://advancesinsocialwork.iupui.edu/i ndex.php/advancesinsocialwork/article/ download/51/195

Adlina, Z., Syahlan, & Matondang, S. A. (2021). Impact of E-Learning on Student in the Pandemic Covid-19. IAR Journal of Humanities and Social Science, 2(2), 68–71. https://doi.org/10.1016/j.revinf.2021.03.006

Ayundhaningrum, Y., & Siagian, R. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2060

Herowati. (2016). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Online Learning Edmodo di SMKN 1 Sumenep. Jurnal Lentera Sains (Lensa), 6(November), 99–107.

Irina, R., Irina, K., & Elvina, K. (2016). The effectiveness of e-learning: Based on students’ evaluation. SHS Web of Conferences, 26(June). https://doi.org/10.1051/shsconf/20162601128

Pratiwi, D., Suendarti, M., & Hasbullah. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 1–14. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Diniyah, N. M., Nasichah, & Wulandari, P. S. . (2024). Stres Akademik dan Kemandirian Belajar Terhadap Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam di Masa Pandemi Covid -19. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(1), 98–103. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1630