Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Darussalam Kajarharjo
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v2i1.1622Keywords:
Konseling kelompok, Teknik Modeling, Minat BelajarAbstract
Pada konseling kelompok untuk mengontrol atau mengubah tingkah lakunya dan fungsi konseling ini adalah memberikan perhatian khusus pada dampak lingkungan atas dirinya. Banyak faktor yang menyebabkan belum tercapainya hasil belajar siswa, salah satunya adalah kurangnya minat belajar. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah metode pembelajaran konseling kelompok dengan teknik modeling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektifitas konseling kelompok terhadap minat belajar, mengetahui adanya pengaruh Teknik modeling terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui adanya pengaruh Teknik modeling terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan Teknik modeling terhadap minat belajar dan hasil belajar minat belajar siswa kelas XI Paket C di PKBM Darussalam Kajarharjo Kalibaru Banyuwangi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Paket C yang berjumlah 96 siswa. Sampel diambil menggunakan populasi riset karena populasi kurang dari 100. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian ditabulasi dan dihitung persentasenya. Kemudian pengujian hipotesis tersebut diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok terhadap minat belajar, ada pengaruh Teknik modeling terhadap hasil belajar siswa PKBM Darussalam kelas XI Paket C.
References
Abdul Rahman Saleh, Muhbib Abdul Wahab, (2004), “Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif ”, Jakarta : Kencana. Arikunto.,S.
Abimanyu & Manrihu, (2009). Proses pemberian modeling. ejournal.iainkendari.ac.id
Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).
Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1 (1), 45–56
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2007). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Anggraini, E. (2013). Hubungan Antara Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Siswa.
Arikunto, S. (2009). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (http://faisalrohmah.blogspot.com/2009/03/pengaruh-disiplin-danmotivasi belajar,html. Diakses kamis 17 Oktober 2013 pukul 09.30 WIB.
Arikunto, S. (2010). Evalusi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur,
Astriyani, D. (2010). Kemampuan Manajemen Diri Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Semarang. Hasil Penelitian, Semarang: Unnes University Press.
Astuti, B. (2012). Modul Konseling Kelompok. Yogyakarta: FIP UNY.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey, Gerald. (1988). Teori dan Praktek Konseling dan. Psikoterapi. Bandung: Eresco. Erford, Bradley Chaplin, JP. Kamus Lengkap Psikologi.2002. Jakarta: Rajawali Pers.
Cox, Tom, (1978). Stres. London: Mac Milan Press, ltd. Gulo, W.
Dewa Ketut Sukardi. (2003). Manajemen Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Bandung: Alfabeta CV.
Dewa Ketut Sukardi. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, (2013). Psikologi Pendidikan.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Folastri, S., & Rangka, B. I. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Panduan Praktis Menyeluruh). Bandung: Mujahid Press.
Gantina & Wahyudi, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Pt Indeks.
Hartinah, Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Hartono, dan Boy Hutomono, S., (2011) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghazali, I. M. (2007). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar.
Lubis, Namora L., dan Hasnida. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Mappiare, Andi. (2001). Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pritchard. (2014). Kererampilan mengajar. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. (2005). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar. Jakarta: Jurnal. 5 halaman
Soedarmadji. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uno, H.B. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
W.J.S. Poerwadarminto. (1985). Keinginan minat belajar dallam kamus besar. Jakarta: Balai pustaka.
Wolpe,J. (1958). Psychoterapy: The Nonscientific Heritage and The New Science. New Yersey : Basic Books,Inc. Yusuf, S, L.N