Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas X di SMAN 1 Kencong

Authors

  • Laily Robi’ah Al Badriyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wahyu Gunawan Pramono SMAN 1 Kencong
  • Aulya Nanda Prafitasari Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1173

Keywords:

Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar

Abstract

Penelitian menggunakan model problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Kelas X SMAN 1 Kencong, bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik lebih tertarik untuk belajar biologi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaksanaan pembelajaran siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri dari empat tahapan: perencanaan dan pelaksanaan tindakan, pengamatan hasil tindakan, dan refleksi. Peserta didik kelas X SMAN 1 Kencong tahun 2022/2023 adalah subjek penelitian ini. Dengan menggunakan observasi dan angket, data penelitian dapat dikumpulkan. Hasil penelitian minat belajar menunjukkan bahwa baik dari kondisi awal (pra-siklus) ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan rata-rata. Dalam siklus I, minat belajar biologi peserta didik meningkat dari 39 persen menjadi 60 persen, dan dari siklus I ke siklus II, minat belajar meningkat dari 60 persen menjadi 70 persen. Hasil analisis data dari pra-siklus menunjukkan bahwa minat belajar biologi peserta didik masih rendah, sedangkan pada siklus I, minat belajar menjadi tinggi.

References

Adi., Slameto. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Handayani. 7(2): 2355-1739.

Ahmadi, D.(2016). Studi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di Smk Negeri Rajapolah. Skripsi.

Agustina, P., S, Alanindra. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar

Mahasiswa Calon Guru Pada MataKuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P.Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding seminar nasional pendidikan sains (SNPS). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amaliyah M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. JPPSI. 4(1): 90-101.

Asiyah, A., Topano, A., Walid, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa dii SMA Negeri 10 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan. 5(2): 742-751.

Uno, H. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Darman, S. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Lamba Leda Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: 8.

Djaali. (2020). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar., Ishak.(2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science. 1(8): 50-65.

Fatimah, Siti. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X-1 Semester 1 SMA Negeri 1 Babat.

Febrianti, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Islam. 2(1): 48-57.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan. 1(1): 334-341.

Harefa, A. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. 1(1): 181-189.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. 35(2): 175-182.

Hartinah, Galuh. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling. 2(2): 153-156.

Kristiana, N. (2012). Pengaruh Game Online Sara’s Cooking Class Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Di Smk N 1 Sewon. Skripsi. 13-1.

Komeini, M., M. Yahya., Purnamawati. (2021). Faktor-faktor yang Paling Berpengaruh pada Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Model Open Ended Learning (OEL) di SMK. Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 185-196.

Kusuma. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP. Padang.

Minasari, U., R. Susanti. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 282-287.

Purwianto, A. F., dan Fahyuni, E. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ta’dibuna. 4(10): 551-568.

Putri, Y. P., A. G. Adirakasiwi. (2021). Analisis Minat Belajar Minat Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada Materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3): 2934-2940.

Rahayu, D., Pramadi, R. A. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education. 2(2): 105-111.

Sumarni, E. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran IPS. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 3(1): 29-46.

Shofwani, A. A., S. Rochmah. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio. 7(2): 439-445.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(2): 118-126.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(3): 682-689.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Al Badriyah, L. R. A. B., Pramono, W. G. P., & Prafitasari, A. N. P. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas X di SMAN 1 Kencong . PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(2), 171–177. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1173