Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Materi Siklus Biogeokimia Kelas X-10 di SMA Negeri 3 Jember

Authors

  • Karinda Puspa Mentari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sawitri Komarayanti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yuswita Sari Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1172

Keywords:

hasil belajar, website, media pembelajaran, biologi

Abstract

Permasalahan mengenai hasil belajar merupakan permasalahan yang sering ditemui. Salah satunya tengah di hadapi dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia yaitu, rendahnya hasil belajar siswa. Menurut hasil Surfey Trends in Mathematic and Science Study (TIMSS) tahun 2018, nilai rata-rata prestasi pada sains sebesar 427,0. Nilai rata-rata yang diperoleh menempatkan Indonesia pada posisi 30 dari 49 negara asia tenggara lainya. Masalah lain yang tak jarang ditemui juga yaitu peserta didik yang pasif dan kurang antusias dalam menyelesaikan tugas dari guru berupa LKPD (lembar kerja peserta didik) (Prabowo, 2021). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Strategi atau taktik perlakuan yang diberikan sebagai bentuk solusi permasalahan di kelas X-10 yakni yakni dengan menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis website dengan menggunakan Wordwall dan Liveworksheet dalam kaitanya dengan kegitan belajar-mengajar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penerapan kegiatan pembelajaran berbasis website materi siklus biogeokimia pada peserta didik kelas X-10 di SMA Negeri 3 Jember. Rata-rata awal hasil belajar kognitif (postes) pada siklus 1 sebesar 70,9 meningkat menjadi 80 pada pembelajaran siklus 2.

References

Anindyajati, Y. R. & Choiri, A. S. (2017). The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 14-23.

Asrial, dkk. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41.

Febriyanti, W. N., Aryana, I. B. P., & Bestari, I. A. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Materi Sistem Koordinasi Berorientasi budaya lokal Pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 103-115.

Hapsari, S. A. & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V 2019, 1(1), 1-8.

Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Paguyangan pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 1-7.

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X IPA Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. RIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85-95.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(1), 9-16.

Noviyanto, T. S. H., Susanti, B. H., & Khairunnisa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1), 572-581.

Persada, A. R. (2017). Ningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. EduMa, 6(1), 62-76.

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(10), 383-388.

Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17-32.

Sitompul, L. (2016). Hubungan Kecerdasan (IQ) dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Di Kelas X MAN 2 Padangsidimpuan T.A. 2015/2016. Logaritma, 4(1), 37-49.

Wulandari, S., Syamsurizal., Arsih, F., & Fajrina, S. (2023). Validitas Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Leraning (PBL). Journal on Teacher Education, 4(4), 234-241.

Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1-15

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mentari, K. P., Komarayanti, S., & Sari, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Materi Siklus Biogeokimia Kelas X-10 di SMA Negeri 3 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(2), 163–170. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1172