Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Perencanaan Karier Siswa di SMP IT Al-Ghozali Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1171Keywords:
Teknik mind mapping, perencanaan karierAbstract
Mind mapping termasuk dalam salah satu metode pembelajaran quantum learning, yakni gaya pencatatan dengan menggunakan fungsi visual dan sensorik dalam bermacam ide berpola dan saling berkaitan. Berangkat dari tujuan utama, peneliti hendak menguji coba pengaruh penerapan teknik mind mapping terhadap kemampuan perencanaan karier siswa dengan mengambil sampel siswa kelas IX.D SMP IT Al-Ghozali Jember yang berlandaskan teknik penentuan dengan purposive sampling. Penelitian menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Hasil data perbandingan kemudian dianalisa dengan menggunakan uji wilcoxon, yakni membandingkan antara data pretest dengan posttest 1 serta membandingkan hasil data pretest dengan posttest 2. Hasil uji wilcoxon pertama adalah Z-score sebesar -0,637 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,524. Kemudian hasil uji wilcoxon kedua adalah Z-score sebesar -1,753 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,080. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis non-parametric uji wilcoxon signed rank test pada kedua perbandingan data adalah Ha ditolak, sebab hubungan kedua data menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari batas ambang 0,025 (perbandingan data menyatakan tidak adanya perubahan/pengaruh secara signifikan).
References
Abubakar, Sitti Rahmaniar. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa SMA Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Selami IPS. 1(34).
Husni, Muhammad, dan Zainuddin. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. Jurnal Al-Ibrah. 3(1).
Julia, dan Muslim Afandi. (2020). Efektivitas Teknik Mind Mapping dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan. 1(2).
Layanan Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 15(3).
Ngongo, Agustamal. (2019). Peningkatan Perencanaan Studi Lanjut Melalui Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang. 5(2).
Nurhasanah, Fajriani, dan Nurul Wilda. (2016). Peta Pikiran untuk Meningkatkan Perencanaan Karir. Jurnal Suloh. 1(1).
Nurmasari. (2015). Peranan Penting Perencanaan dan Pengembangan Karier. Jurnal Publika. 1(2).
Prahmawati, Citta Ayu. (2018). Career Mind Mapping Melalui Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Prihatiningsih, Veroniqa Desy. (2013). Peningkatan Perencanaan Karir Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara Tahun 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putro, Khamim Zarkasih. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17(1).
Sari, Kurnia, dan Vella Auliya Istiqoma. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling. 2(1).
Sitompul, Lenia. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 15(3).
Syahrir, dan Elma Heliati. (2017). Analisis Mind Map Siswa Kelas VII C Smpn 6 Kopang. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 3(1).
Yuhenita, Nofi Nur, Indiati, dan Astiwi Kurniati. (2017). Penerapan Metode Mind Maping untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. The 6th University Research Colloquium.
Yulianti, Efrida, dan Sinta Saraswati. (2015). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Perencanaan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 4(2).
Zushintama, Meilan. (2016). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Karir pada Siswa Kelas X Busana Butik 4 SMK Negeri 1 Pringapus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.