Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK MINQU Gumukmas Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1170Keywords:
Bimbingan kelompook, Tekhnik permainan simulasi, Penyesuaian diri, Penelitian eksperimen, Uji WilcoxonAbstract
Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK MINQU Gumukmas. Penyesuaian diri merupakan salah satu cara agar siswa dapat beradaptasi dan menjalani kehidupan normal dalam hubungannya dengan lingkungan sekolah sehingga dapat menerima dirinya dengan baik serta merasakan lingkungan sosialnya. Sementara itu, sebagian siswa kelas X SMK Minqu memiliki penyesuaian diri yang rendah, seperti menarik diri dari lingkungan, kesulitan berkomunikasi, sedikit teman, dan rasa malu yang mengganggu diskusi kelompok. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan adaptasi diri siswa kelas X SMK MINQU. Desain peenelitian digunakan ialah desain pre-experimental dengan one pretest posttestt group. Data dianalisis menggunakan analisis statistik non--parametrik digunakan sebagai uji Wilcoxon. Hasil data yang digunakan ialah 29 siswa yang belum treatment (pretest) dan 7 siswa ang sudah treatment (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dari uji Wilcoxon dinyatakan diterima dengan Asym Sig. 0,016, < 0,05, yang berarti uji Wilcoxon dapat diterima.dan bisa disimpulkan jika tedapat pengaruh dar bimbingan kelompok menggunakan tekhnik permainan simulasi terhadap penyesuaian diri siswa.
References
Anisa, R. N., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2017). Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3).
Desriana, B. (2019).Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap kepercayaan Diri . Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 386-394.
Fatchurahman, M., & Saputra, R. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik (Studi Kasus di Sma N 1 Palangkaraya). Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 29-32.
Fithriyana, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2014). Bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).
Fitria, E., & Yudhawati, D. (2019). Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap peningkatan komunikasi reseptif siswa tunarungu. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 61-70.
Irawan, E., Rosidah, A., & Adiputra, S. (2015). Pengembangan Teknik Permainan Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).
Jauhari, D.R (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Group Exelercises Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Santri. Quanta, 2(1), 4-20.
Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2).
Lestari, I., Rosra, M., & Utaminingsih, D. (2017). Peningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3).
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
Mariana, L. (2014). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik outbound untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMK Swasta Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).
Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165-175.
Mubarokah, R., Suyati, T., & Ajie, G. R. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Game Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Sisa Kelas XI. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 105-113.
Nuraini, U., Supardi, S., & Hartini, T. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMAN 1 Juwana. Jurnal Sosial Sains, 1(7), 619-628.
Prayitno, 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang :Universitas Negeri Padang.
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil. Bogor : Ghalia Indonesia
Putri, R. D. (2019). Bimbingan Kelompok Menggunakan Permainan Sebagai Strategi Dalam Mengembangkan Empati Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 1(2).
Riduan, 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung Alfabeta.
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 1-10.
Rizqiyah, M. (2017). Peranan Guru Bk Dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa Baru Di Smp It Abu Bakar Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2).
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UPT UNS Pres.
Seriwati, S. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 56-60.
Setya, D., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Permainan Simulasi Labirin dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Konsentrasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3, 85-89.
Siagian, Y. G. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Komunikasi Interpersonal terhadap penyesuaian diri siswa MAN 1 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Subagyo, I. (2013). Bimbingan kelompok dengan teknik outboun. Jurnal bimbingan konseling, 2(2).
Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44.
Wati, G. M. (2012). Outbound management training untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri anak tunagrahita. Educational Psychology Journal, 1(1).
Yuliani, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Permainan (Games) pada Anak Asrama Sion Salatiga. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 33-39.